Bagaimana Cara Mudah Membuat Web Blog Gratis di Blogspot ?




Bagaimana Cara Mudah Membuat Web Blog Gratis di Blogspot ? - Saya yakin orang yang hobinya nulis, pasti ingin betul memiliki sebuah web blog walaupun cuman blog gratisan, yang penting kan hobbinya tersalurkan, karena kalau sudah tersalurkan, biasanya hati ini menjadi tenang dan tidak ada yang mengganjel, intinya ada  kepuasan tersendiri, terlepas apakah nulis di blognya itu bisa menghasilkan uang ataupun tidak.

Lalu bagaimana cara membuat blog yang gratis ? Sebentar, kalau ada yang gratis, berarti ada yang berbayar dong. Betul, yang berbayar ini adalah kita membeli alamat domain dan juga menyewa hosting. Seperti misalnya kalau Anda mau punya blog dengan nama Anda sendiri, maka Anda harus membelinya ke penyedia layanan domain. Contohnya, Saya berencana punya blog pakai nama jajat.com, maka Saya harus beli nama domain itu ke penjual domain. Nama domain diibaratkan nama toko. Selain domain, kita juga wajib beli hosting. Hosting diibaratkan tanah tempat toko tersebut.

Tapi, bagi yang pemula yang sedang belajar ngeblog, cukup kiranya pakai blog gratisan semisal blogspot dan wordpress.com. Nanti, apabila teknik menulisnya bisa dikuasai, barulah Anda beli domain dan hosting sendiri.

Untuk membikin blog gratisan di blogger, sangatlah mudah, berikut ini cara-caranya :
  • Anda harus punya akun gmail dulu, kalau belum, bikin saja dulu di Gmail.com, jika sudah selesai, kunjungi alamat blogger.com untuk mulai membuat blog. Nanti Anda akan melihat penampakan di bawah ini.

    Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula


  • Isi nama blog Anda pada judul blog, misalnya Jajat Blog. Tulis juga alamat blog Anda, misalnya blogjajatsudrajat. Lalu pilih template atau desain tampilan blog yang kita mau. Anda bisa mengubahnya nanti sesuai dengan keinginan Anda karena banyak template gratis yang disediakan yang lebih bagus dan powerfull daripada template bawaan blogger.
  • Blog Anda sudah jadi dan siap untuk mulai menulis di blog. Untuk memulai membuat artikel pertama, pilih Entri Baru. Masukkan judul pada kolom judul dan mulai menulis artikel di bawahnya.

    Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula


  • Jika sudah selesai menulis, tekan tombol Publish agar tulisan kita bisa dilihat oleh seluruh penduduk dunia.

    Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula


  • Untuk melihat tampilan blog yang sebenarnya, tekan saja tombol Lihat Blog.

    Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Untuk Pemula


  • Selamat, Anda sekarang sudah punya blog walau masih gratisan. Happy Blogging.



Tag : Blog
Back To Top