Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat Untuk Wanita




Jerawat adalah suatu kondisi kulit normal yang sudah umum terjadi pada banyak orang. Jerawat adalah peradangan pada kulit di mana kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) terinfeksi oleh bakteri, membengkak, dan akhirnya berisi nanah.

Kelebihan sebum sekresi oleh kelenjar minyak adalah penyebab utama di balik masalah ini. Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung dan bahu. Meskipun bukan merupakan kondisi kritis, jerawat bisa membuat seseorang merasa sengsara karena terganggunya penampilan mereka.

Ada banyak lotion dan obat-obatan di pasaran yang digunakan untuk menghilangkan jerawat, tetapi umumnya harus dipakai dalam waktu yang cukup lama. Banyak cara alami yang efektif dalam menghilangkan jerawat dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Berikut adalah 10 obat yang digunakan sebagai media atau cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan alami, baik untuk wanita maupun untuk pria.

Menggunakan es

Es dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan, pembengkakan dan peradangan jerawat dengan cepat. Es membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena, dan mengencangkan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit. Anda dapat menggunakan es batu atau es yang dihancurkan, pilih mana yang nyaman.

Caranya, bungkus es pada sepotong kain dan simpan serta tahan pada daerah kulit yang terdapat jerawat selama beberapa detik. Tunggu beberapa menit dan ulangi proses.

Menggunakan jeruk nipis

Cara lain yang cepat untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan jus lemon, yang kaya akan vitamin C. Jus lemon membuat jerawat mengering lebih cepat. Pastikan untuk menggunakan jus lemon segar dan bukan jus botolan yang memiliki pengawet. Ada beberapa cara untuk menerapkan obat ini.

Celupkan kapas bersih pada jus lemon segar dan menerapkannya pada jerawat sebelum tidur.
Anda juga dapat mencampur satu sendok makan jus lemon dengan satu sendok teh bubuk kayu manis dan meletakkannya pada jerawat semalam. Di pagi hari, cuci kulit dengan air suam-suam kuku. Namun, obat khusus ini tidak cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Minyak ini memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri yang menyebabkan masalah kulit tersebut. Minyak ini bersifat menenangkan dan membantu mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat, disamping juga membantu menghilangkan komedo putih dan komedo hitam.

Caranya hanya mencelupkan bola kapas dalam minyak esensial pohon teh dan oleskan pada daerah yang terkena. Bilas wajah Anda setelah 15 sampai 20 menit. Pilihan lain adalah mencampur beberapa tetes minyak pohon teh dalam 1 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan pada jerawat dan noda, biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas.  Hindari minyak pohon teh jika Anda memiliki kulit sensitif.

Pasta gigi

Pasta gigi yang Anda gunakan setiap pagi untuk membersihkan gigi juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Hal ini paling efektif bila digunakan setelah memakai es. Anda harus menggunakan pasta gigi putih dan hindari menggunakan pasta gigi gel.

Cukup menerapkan beberapa pasta gigi putih di daerah kulit yang terkena jerawat sebelum tidur.
Di pagi hari, cuci muka dengan air dan Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam hal pengurangan pembengkakan. Jika Anda ingin, Anda dapat mengulangi proses ini di siang hari juga. Pastikan pasta gigi tetap pada jerawat selama setidaknya setengah jam.


Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Uap

Menguapi kulit Anda setiap saat akan membuat kulit menjadi indah terutama ketika Anda memiliki jerawat. Uap akan membuka pori-pori Anda dan memungkinkan kulit Anda bernapas lega. Hal ini membantu menyingkirkan minyak, kotoran dan bakteri yang terperangkap di pori-pori yang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan.

Caranya, isi wadah besar dengan air panas dan biarkan uapnya kontak dengan wajah Anda selama beberapa menit. Bilas wajah Anda dengan air hangat dan setelah kering, terapkan pelembab bebas minyak.

Bawang putih

Bawang putih merupakan antivirus, antijamur, antiseptik dan antioksidan yang dapat membantu dalam pengobatan jerawat dengan. Sulfur dalam bawang putih juga membantu penyembuhan jerawat dengan cepat.

Caranya, potong satu siung bawang putih segar ke dalam dua bagian. Gosokkan bawang putih pada jerawat dan biarkan selama lima menit sebelum mencuci kulit dengan air suam-suam kuku. Ulangi perawatan beberapa kali sehari. Cara lain, memakan satu siung bawang putih mentah setiap hari juga dapat membantu membersihkan darah Anda. Tapi jangan makan bawang putih mentah terlalu banyak karena dapat mengganggu perut.

Baking soda

Baking soda merupakan obat rumahan  lainnya yang efektif untuk menghilangkan jerawat karena bisa membantu dalam pengelupasan kulit untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran dan sel kulit mati.

Caranya, buat pasta kental dengan mencampur satu sendok teh baking soda dengan air atau jus lemon. Cuci dulu kulit Anda dengan baik, agar sedikit lembab. Oleskan pasta pada daerah yang terkena jearawat dan biarkan hingga kering selama beberapa menit. Jangan terus membiarkan baking soda pada kulit Anda selama lebih dari beberapa menit karena dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi. Cuci wajah Anda dengan air hangat. Ulangi prosesnya dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Madu

Madu merupakan sumber antibiotik alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan, serta membantu mencegah infeksi. Caranya, celupkan kapas bersih dalam madu, lalu letakkan langsung pada daerah yang terkena jerawat dan biarkan selama setengah jam. Cuci kulit dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini beberapa kali sehari.


Pilihan lain adalah dengan mencampur madu dan kayu manis untuk membuat pasta dan menerapkannya pada jerawat sebelum tidur. Di pagi hari, kita akan melihat adanya pengurangan dalam peradangan atau pembengkakan. Cuci kulit dengan air dingin.

Mentimun

Mentimun adalah sumber makanan yang kaya potassium dan vitamin seperti A, C dan E. Mentimun juga memiliki efek pendingin dan  menenangkan pada kulit.

Caranya, potong satu atau dua mentimun segar dan rendam dalam air selama sekitar satu jam. Nutrisi, seperti vitamin A, kalium dan klorofil akan ditransfer ke air. Saring airnya dan minum, atau gunakan air itu untuk mencuci wajah Anda. Anda juga dapat membuat masker wajah dengan menggiling satu mentimun. Oleskan masker pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Cuci kulit Anda dengan air hangat. Cara ini akan membantu membersihkan kotoran dan bakteri dari pori-pori Anda.

Pepaya

Buah pepaya memiliki sejumlah nutrisi yang membantu dalam pengobatan jerawat. Pepaya adalah sumber yang baik dari antioksidan vitamin A, dan memiliki enzim yang membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit Anda menjadi lembut dan halus.

Caranya, hancurkan potongan pepaya mentah untuk mengekstrak jus dan menerapkannya pada jerawat. Biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya. Untuk membuat masker wajah, tumbuk beberapa potongan pepaya dan tambahkan sedikit madu. Oleskan pasta ini pada wajah Anda dan pijat dengan lembut. Biarkan sampai kering sepenuhnya dan kemudian bilas.

Itulah 10 bahan sederhana dan alami yang bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat secara cepat.


Tag : Jerawat
Back To Top