Cara Membuang Duri Kaktus Dari Kulit




Berjalan di daerah bergurun, kita bisa mendapatkan serangkaian  tantangan tertentu yang tidak ditemukan di lanskap lainnya. Bahkan jika Anda hanya sekedar berjalan-jalan santai, Anda bisa melihat tanaman kaktus dengan jarum yang dapat mengenai pakaian dan menembus kulit Anda. Banyak kaktus yang mempunyai bulu-bulu tipis dan ada juga yang berduri tajam dan tebal, yang mana jarum berduri tersebut dapat menyebabkan reaksi dermatologis jika orang yang terluka tidak segera membuang jarum kaktus tersebut.


Cara Membuang Duri Kaktus Dari Kulit


Cara membuang duri kaktus yang kecil

Menggunakan lem
Dianggap sebagai cara paling efektif untuk menghilangkan duri kaktus karena dengan menggunakan lem yang biasanya berwarna putih ini, akan membantu membuang banyak duri  kaktus. Tunggu 5-10 menit sampai lem kering, kemudian lepaskan lem. Duri kaktus yang kecil akan keluar dari kulit dan menempel pada lem. Ulangi proses ini untuk membuang semua duri kaktus kecil yang menempel pada kulit.

Menggunakan tape atau lakban
Lakban telah terbukti berhasil dalam menghilangkan duri-duri kaktus dari kulit. Cukup meregangkan sepotong lakban pada area di mana duri kaktus menusuk. Tekan lakban pada kulit dan tekan pada durinya dengan lembut untuk memastikan duri-duri tersebut menempal di lakban. Kemudian, ambil salah satu ujung lakban dan cepat tarik, maka duri-duri juga aka tertarik. Jika perlu, ulangi cara ini dengan memakai potongan lakban baru sampai semua duri dikeluarkan.

Menggunakan pinset
Memakai pinset mungkin memakan waktu cukup lama, tetapi dengan pinset memungkinkan Anda untuk membuang semua duri yang terjebak di kulit. Jadi sebaiknya lakukan pada daerah dengan cahaya terang dan  jika perlu menggunakan kaca pembesar.  Dengan menggunakan teknik ini, mungkin teknik tersebut paling menjengkelkan karena lama namun paling efektif.

Menggunakan stoking
Meskipun mungkin tidak membuang duri seluruhnya, menggunakan stoking adalah cara yang baik untuk cepat mengeluarkan duri. Ambil sepasang stoking yang sudah tidak dipakai lagi dan gulung-gulung membentuk bola. Gosokkan stoking dengan cepat bolak-balik melintasi kulit Anda; maka duri kaktus akan menempel di kain stoking. Lanjutkan ini dengan menggunakan bagian lainnya sampai semua duri terangkat.

Cara membuang duri kaktus yang panjang

Hindari menyentuh pangkal duri
Meskipun duri kaktus cukup besar dan sering dianggap mudah untuk mengambilnya dengan jari tangan Anda, tapi seringkali duri itu mengandung duri. Menyentuhnya bahkan dengan sangat lembut pun akan membuat jarum kaktus patah dan terjebak dalam kulit Anda, dan ini jauh lebih sulit untuk membuangnya. Jadi lebih baik pakai alat saja untuk menarik jarum kaktus.

Gunakan pinset untuk membuang duri
Hati-hati memegang pangkal duri dengan pinset, jadi posisi pinset harus sedekat mungkin dengan kulit. Lalu tarik secara perlahan-lahan.

Bersihkan luka
Karena duri kaktus agak besar, maka  sering meninggalkan bekas luka tusukan yang mungkin menyebabkan berdarah. Anda harus membersihkan luka sehingga tidak terinfeksi. Gunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan luka, tuangkan  ke kapas dan oleskan pada luka. Gunakan kain kasa utnuk membalut luka jika perlu.

Beberapa orang bisa mengalami reaksi dermatitis karena tusukan duri kaktus. Jika Anda merasa ada sensasi panas atau menusuk setelah tertusuk, lebih baik hubungi dokter kulit atau dokter Anda untuk mendapatkan bantuan.



Tag : Kesehatan
Back To Top