Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung Secara Alami dan Cepat




Komedo putih maupun komedo hitam dapat muncul di mana-mana di dalam tubuh kita. Namun, umumnya komedo sering terlihat di sekitar wajah, terutama pada dagu dan hidung. Komedo putih dianggap sebagai bentuk ringan dari jerawat. Komedo putih muncul seperti benjolan putih yang keluar dari wajah Anda. Komedo ini muncul karena disebabkan oleh penumpukan bakteri, kulit mati dan minyak di pori-pori.

Namun, komedo putih lebih sering terjadi pada bagian yang lebih berminyak dari kulit dan wajah Anda, dan itulah sebabnya mereka biasanya sering ditemukan pada dagu dan wajah. Komedo putih bisa diobati dengan teknik yang tepat dan perubahan gaya hidup. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana cara menghilangkan komedo putih di hidung atau menyingkirkannya dari dagu, maka lanjutkan membaca di blog ini, karena artikel ini akan memperlihatkan banyak cara untuk mengobati komedo putih secara efektif.

Mencuci wajah
Seperti disebutkan sebelumnya, komedo putih sebagian besar disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, bakteri dan minyak di dalam pori-pori. Mencegah faktor penumpukan  ini pasti dapat membantu dalam mencegah dan mengobati komedo putih. Jika Anda rentan terhadap komedo putih, maka cara yang terbaik bagi Anda adalah mencuci muka dua kali sehari. Gunakan facial wash tanpa minyak dan lembut serta hindari mencuci terlalu kuat karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan menjadi kering. Namun, hindari mencuci dua kali sehari jika kulit mengering dan membuat kulit Anda harus mengkompensasinya dengan cara memproduksi minyak secara berlebih.

Menggunakan krim benzoil peroksida 5 %
Selama ini, benzoil peroksida telah membuktikan dirinya menjadi media pengobatan jerawat yang efektif. Namun, dalam bentuk krim, benzoil peroksida juga bisa digunakan untuk pengobatan komedo putih yang agak besar, dan alasan di balik ini adalah kemampuannya untuk menghilangkan kumpulan materi berupa sel kulit mati dan minyak pada pori-pori dan juga membunuh bakteri yang ada di permukaan kulit. Anda juga dapat menemukan krim benzoil peroksida dalam kekuatan penyembuhan yang berbeda, dan beberapa pasien mungkin memerlukan resep khusus.

Memakai asam salisilat
Asam salisilat punya khasiat yang sama seperti halnya benzoil yakni membantu membunuh bakteri yang berada pada permukaan kulit. Bedanya dengan asam salisilat adalah tidak bisa menghilangkan materi pada pori-pori, tetapi tidak memperlambat proses penumpahan folikel, yang pada gilirannya bisa mencegah pori-pori tersumbat.

Memakai krim retinoid
Krim retinoid terutama digunakan untuk perubahan warna, keriput dan garis-garis halus pada kulit. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa krim retinoid ini terdiri dari sebagian besar vitamin A, yang membuatnya menjadi solusi yang bagus untuk berbagai macam masalah kulit, termasuk komedo putih. Oleskan krim retinoid di hidung, dagu atau daerah yang terkena komedo karena hal ini membantu proses pergantian sel dan penarikan material pada pori-pori.

Memanasi wajah
Menerapkan sedikit suhu panas ke wajah Anda adalah cara yang bagus untuk menghilangkan komedo putih di dagu dan hidung. Anda dapat menerapkan panas dalam bentuk kompres panas atau uap. Idenya adalah bahwa panas akan membuka pori-pori, sehingga bakteri, kulit mati dan sebum bisa ke luar melarikan diri. Setelah Anda membuka pori-pori dengan kompres panas atau uap, selanjutnya mencuci muka dengan pembersih wajah yang ringan dan menutup kembali pori-pori dengan air dingin ketika mencuci wajah.


Cara Menghilangkan Komedo

Komedo putih di hidung


Menggunakan minyak pohon teh
Jika Anda ingin memilih pengobatan alternatif alami berbasis benzoil peroksida, maka minyak dari pohon teh dapat menjadi jawaban buat Anda. Minyak pohon teh mengandung minyak esensial yang terbukti berguna untuk membersihkan komedo putih di hidung dan dagu. Bahkan, beberapa orang bersaksi bahwa itu semua sama efektifnya dengan memakai benzoil peroksida. Untuk menggunakan minyak pohon teh, ambil sebuah Q-tip dan oleskan secara ringan dengan memakai minyak. Kemudian dilanjutkan untuk menerapkan mengusap Q-tip langsung ke komedo putih. Dalam kasus yang Anda temukan dimana minyak terlalu kuat, maka Anda dapat menggunakan air sebagai pelarut.

Memakai jus lemon
Jus lemon alami mengandung asam sitrat yang membantu menghilangkan komedo putih dengan membuka pori-pori dan mengeringkan minyak berlebih. Untuk menggunakan jus lemon, iris lemon segar, lalu kumpulkan jus dan mencampurnya dengan air dalam larutan 50:50. Ambil bola kapas dan mencelupkannya dalam larutan jus lemon lalu menerapkan  bola kapas basah itu langsung ke daerah yang terkena. Sangat penting bahwa Anda tidak berlebihan melakukan perawatan ini, karena kulit bisa mengering dan menyebabkan iritasi.

Menggunakan cuka sari apel
Cuka sari apel bekerja sama hanya seperti jus lemon. Keduanya memiliki efek pengeringan yang efektif dalam menghilangkan minyak yang berlebihan. Juga, cuka sari apel telah digunakan sebagai anti-septik dan agen anti-bakteri selama berabad-abad. Untuk menggunakan cuka sari apel, Anda hanya perlu mencelupkan kapas bola ke dalam botol cuka sari apel, dan lanjutkan dengan menerapkan bola kapas tersebut langsung ke daerah yang terkena. Berhati-hatilah karena sari apel bersifat asam dan dapat menyebabkan terbakar dan iritasi. Lebih baik Anda hanya memperlakukan kulit yang ada komedo putihnya saja dan menjauhkan kulit yang tidak terdapat komedo.

Memakai madu
Madu mungkin manis, tetapi memiliki sifat anti-bakteri yang besar. Selain itu, sangat lembut pada kulit Anda. Untuk menggunakan madu, Anda hanya mencelupkan kapas bola dengan madu dan Anda dapat menerapkannya ke daerah yang terkena komedo putih. Madu juga cukup aman untuk digunakan sebagai masker wajah.

Hal lain yang perlu Anda ketahui untuk menghilangkan komedo putih di hidung
Mengobati komedi putih dengan efektif berarti bahwa Anda harus mengadopsi beberapa perubahan gaya hidup, terutama ketika berurusan dengan kebersihan, tidur dan diet. Pastikan Anda makan makanan sehat yang tidak mengandung banyak minyak. Cukup istirahat setiap malam dan harus sehigienis mungkin dalam segala hal. Cuci rambut Anda secara menyeluruh jika Anda menggunakan agen styling rambut, gunakan lotion bebas minyak dan make up dan mengganti sarung bantal Anda setidaknya sekali seminggu. Komedo putih sering terlihat dalam dagu dan hidung, dan mereka tak sedap dipandang. Untungnya, ada cara yang efektif untuk mengobati mereka. Jika komedo putih menjadi masalah sekarang, pastikan untuk menggunakan beberapa atau semua tips yang disebutkan di atas karena cara di atas merupakan cara untuk mengobati jerawat secara efektif dan terbukti.



Tag : Kecantikan
Back To Top