How To

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat




Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, ada perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami yang bisa untuk Anda coba di rumah.

Berikut ini beberapa cara merawat wajah berminyak dan berjerawat secara alami yang bisa Anda coba :

Masker mentimun
Siapa sangka ketimun yang biasanya hanya jadi lalapan ini bisa dijadikan sebagai masker ketimun yang bisa mengurangi produksi minyak di wajah. Ketimun mengandung zat astringent yang bisa digunakan pengurang minyak di wajah.

Untuk membuat masker ketimun, caranya sangat mudah sekali.  Untuk cara pertama Anda bisa memotong ketimun dengan bentuk bulat lalu ditempelkan ke wajah Anda selama limabelas menit, setalh itu bilaslah menggunakan air bersih.

Cara yang kedua adalah dengan menghancurkan ketimun itu menjadi butiran bubur yang halus lalu ditempelkan ke wajah dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu basuh menggunakan air bersih. Wajah yang segar dan minyak kulit wajah berkurang akan segera Anda dapatkan.

Jeruk nipis
Cara perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami menggunakan jeruk nipis sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi karena telah lama nenek moyang kita terdahulu menggunakan jeruk nipis sebagai bahan untuk merawat kecantikan wajah dan rambut.

Kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C menjadikan jeruk itu bisa digunakan sebagai meremajakan kulit dan menghaluskan kulit. Tidak heran jika sejak dahulu kala, produk kecantikan banyak yang dibuat dari sari jeruk nipis. Untuk merawat wajah berminyak dan berjerawat menggunakan jeruk nipis Anda bisa membuat masker jeruk nipis.

Cara membuatnya sangat mudah sekali, iris jeruk nipis menjadi bulat, lalu campurkan menggunakan putih telur. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering. Setelah itu basuh wajah Anda menggunakan air bersih. Rasakanlah perbedaan pada wajah Anda, wajah Anda akan terasa lebih halus dan lebih kesat serta minyak di wajah Anda berkurang.

Untuk wajah yang berjerawat perawatannya agak sedikit berbeda, caranya dengan memeras jeruk nipis, perasan itu ditampung ke dalam cawan bersih. Sehabis itu oleskanlah perasan jeruk nipis itu menggunakan kapas ke wajah Anda, diamkan selama 15 menit, setelah kering bilaslah menggunakan air dingin. Lakukanlah secara teratur setiap hari, wajah Anda pun akan segera terbebas dari jerawat.

Air mawar
Cucilah muka Anda menggunakan rendaman air mawar setiap pagi agar wajah Anda terbebas dari minyak dan cerah setiap harinya. Kandungan astringent yang ada pada air mawar juga dipercaya dapat mengurangi kandungan minyak di wajah.


Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat


Pilih kosmetik yang tepat
Bagi kulit yang berjerawat dilarang memakai produk kecantikan yang mencerahkan. Dilarang memakai scrub yang butirannya kasar sebab akan membuat jerawat semakin parah dan buruk. Juga hindari kosmetik-kosmetik berat yakni kosmetik yang padat dan berlapis-lapis. Khusus bagi Anda yang memiliki tipe wajah berminyak, Anda harus menghindari penggunaan kosmetik yang padat atau compact. Hal ini karena kosmetik yang padat akan menyumbat pori-pori kulit wajah Anda, sehingga dapat memberikan potensi jerawat yang lebih. Selain itu, kosmetik yang padat dan berlapis-lapis akan menyulitkan kulit wajah Anda untuk bernapas. Bagi Anda yang masih berusia remaja atau awal dewasa, BB cream bisa menggantikan foundation untuk kosmetik yang lebih ringan.

Masker tanah liat
Tanah liat dipercaya bisa menyerap kandungan minyak pada wajah sehingga bermanfaat bagi perawatan wajah yang berminyak.

Caranya sangat mudah, ambillah satu sendok tanah liat, tambahkan dengan beberapa tetesan air lemon, setelah itu aduklah jeruk nipis bersama air lemon menjadi sebuah pasta. Ambillah kuas kemudian oleskan pada wajah Anda. Hindari area mata dan tunggulah selama 20 menit, setelah 20 menit bilaslah menggunakan air hangat yang bisa menutup pori-pori Anda.

Masker kayu manis bubuk dan madu
Cara membuatnya sangat simpel sekali, masukkan kayu manis bubuk sebanyak satu sendok teh saja ke dalam mangkuk kemudian tambahkan madu sebanyak dua sendok teh. Kemudian oleskan pada wajah menggunakan kuas dan tunggu hingga 15 menit. Membilasnya menggunakan air hangar agar lebih maksimal.

Facial wajah
Ada cara praktis yang dapat ditempuh untuk merawat kulit berjerawat serta kulit berminyak yaitu dengan facial wajah. Di berbagai klinik kecantikan telah disediakan berbagai obat dan cream pendukung facial  wajah ini sehingga sangat efektif mengurangi jerawat dan kulit berminyak.

Menjaga kebersihan
Kulit wajah Anda sangat penting untuk dijaga kebersihannya, karena kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori kulit wajah dapat menumpuk dan menyebabkan jerawat. Lagipula, jika kulit wajah Anda kotor, pasti tidak akan enak untuk dilihat juga, bukan? Hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kebersihan kulit wajah Anda adalah membersihkan wajah secara rutin, minimal 2 kali sehari saat mandi. Perhatikan juga kebersihan wajah Anda saat hendak tidur, karena jika wajah Anda kotor saat tidur, proses regenerasi sel kulit wajah bisa terganggu.

Konsumsi air putih
Air putih sangat baik untuk melancarkan metabolisme dan sistem pada tubuh yang lain, sehingga sangat penting perannya untuk tubuh Anda, termasuk untuk wajah. Air putih dapat membantu menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya yang akan ditujukan untuk kulit wajah Anda. Selain itu, banyak mengonsumsi air putih juga dapat menghilangkan jerawat karena mampu membantu proses regenerasi sel kulit dan melembabkan kulit secara alami.



Tag : Kecantikan
Back To Top