How To

Gejala Kolesterol Tinggi Ini Harus Diwaspadai




Setiap orang pasti ingin mempunyai badan yang sehat. Tetapi pola hidup yang salah membuat berbagai penyakit mudah datang. Kolesterol menjadi penyakit yang sering kita jumpai saat ini. Penyakit ini tak hanya menyerang orang tua saja, saat ini banyak anak muda yang sudah mempunyai riwayat kolesterol tinggi. Oleh karena itu kita harus selalu mewaspadainya. Kolesterol tinggi tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan saja bisa menyebabkan berbagai penyakit lain yang lebih berbahaya. Seperti serangan jantung, stroke dan masih banyak lainnya. ada banyak orang yang tidak menyadari dirinya terkena kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan gejala kolesterol yang susah untuk dideteksi.

Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi


Banyak orang yang tidak bisa menyadari gejala-gejala awal kolesterol. Mereka mengetahuinya ketika kadar kolesterol di dalam darah sudah tinggi. Pada awal mengetahui gejala kolesterol sebuah yang sangat penting. Di dalam tubuh kadar kolesterol total harus kurang dari 200 mg dan batas bahayanya jika sudah berada di atas 240 mg. untuk kolesterol baik (HDL) kategori baiknya berada di kisaran lebih dari 60 mg dan batas bahayanya kurang dari 40 mg. sedangkan untuk kolesterol jahat, kadar normalnya harus kurang dari 130 mg dan untuk orang yang menderita diabetes kurang dari 100. Batas kadar yang berbahaya lebih besar dari 160 mg.

Untuk kolesterol baik semakin sedikit semakin berbahaya untuk tubuh. Sedangkan kolesterol jahat semakin tinggi semakin buruk untuk tubuh. Kolesterol dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, tetapi dalam jumlah yang batas. Selain dari dalam tubuh, kolesterol juga didapatkan dari makanan kita sehari-hari. Ada banyak sekali jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Terutama makanan yang mengandung lemak tinggi. Seperti daging, jeroan, minyak kelapa dan masih banyak lainnya. Untuk itu kita harus selalu menjaga pola makan kita sehari-harinya dan mengetahui apa saja gejala kolesterol yang harus di waspadai.

Ada banyak gejala kolesterol yang harus diwaspadai. Seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi biasanya akan mengalami nyeri pada bagian tendon dan terjadi perubahan struktur pada tendonnya. Tendon merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan antara tulang dan otot. Kondisi ini biasa disebut dengan Tendinopati. Tendinopati merupakan suatu kondisi yang terjadi pada seseorang yang merasakan nyeri yang sangat ketika tubuh menggunakan tendon. Mungkin anda semua sudah tahu kalau kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi. Akan sangat berbahaya untuk tubuh. Bisa mengakibatkan resiko gangguan otot, persendian, pembuluh darah, resiko penyakit jantung, stroke dan masih banyak lainnya.

Seorang peneliti melakukan sebuah penelitian apa pengaruh nyeri tendon terhadap kadar kolesterol di dalam tubuh. Kondisi teninopati dapat mengenai semua jenis tendo, termasuk tendon Achilles yang berada di bagian bahu dan bagian tumit. Perubahan kadar kolesterol di dalam tubuh akan sangat mempengaruhi perubahan pada tendinopati. Hal ini hampir sama pada peningkatan resiko pada bahaya penyakit kardiovaskuler. Jadi kadar kolesterol yang tinggi akan menumpuk pada bagian matriks tendon. Inilah gejala kolesterol yang jarang diketahui banyak orang.

Sebenarnya tak hanya nyeri pada tendon saja yang menjadi gejala kolesterol. Gejala penyakit kolesterol dan asam urat hampir sama. Jadi anda harus lebih teliti. kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, perbanyak minum air putih dan olahraga yang teratur. Ini akan membantu pembakaran lemak kolesterol di dalam tubuh. Sehingga anda akan terhindar dari penyakit kolesterol tinggi yang berbahaya. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Sumber:
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2015/10/24/kolesterol-tinggi-bisa-ditandai-dengan-nyeri-bagian-ini



Tag : Kesehatan
Back To Top