How To

Tata Cara Tayamum di Pesawat




Bagaiamana hukum tayamum di pesawat ? Ulama berbeda pendapat : Pendapat pertama menyatakan sah hukum tayamum di atas pesawat dengan alasan dimana ada angin di situ ada debu (partikel debu). Pendapat kedua mengatakan tidak sah karena sifat debu adalah debu yang nampak benda dan sifatnya (debu bersih).

Bagaimana tata cara tayamum di pesawat bagi yang berpendapat sah tayamum di pesawat ? Tayammum sebenarnya sangat gampang sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW,

  • Sebab cukup dengan niat, disunnahkan membaca Basmallah sebelumnya. Niat tayammum adalah Nawaytuttayammuma listibaa hatishhalaati fardhollillahi ta'aala.
  • Lalu menepukkan kedua tapak tangan ke tanah yang suci dari najis.
  • Lalu Anda tepuk-tepuk dengan kedua telapak tangan untuk menipiskan debu yang menempel ditelapak tangan.
  • Setelah itu diusapkan ke wajah dan kedua tangan sampai batas pergelangan.
  • Selesailah rangkaian tayammum.

Tata Cara Tayamum di Pesawat



Apakah boleh bertayammum menggunakan debu yang ada di dalam pesawat udara ? Hal ini menjadi perbedaan pendapat, ada yang mengatakan tidak boleh alasannya karena tidak ada debu di dalam pesawat, sebagian lagi boleh karena tentunya dipesawat tidak mungkin steril dari debu.

Ada juga yang berhati-hati dengan membawa debu dari luar yang ditempatkan didalam saputangan kemudian dibungkus dengan plastik dan ketika akan digunakan maka saputangan mulai dibentangkan (repot banget dan kesannya membuat kotor), sebagai informasi ide ini sekarang sudah dijadikan lahan bisnis di Malaysia dengan menual debu yang dibungkus dalam kain (semacam bantal kemudian ditempatkan dalam kotak) yang disebutnya sebagai debu Tayammum. 

Semua ini tentunya dilakukan dengan ijtihad, ijtihad yang paling baik adalah kita mengikuti ijtihadnya ulama yang dipercaya. Sebenarnya Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW tidaklah merepotkan ummatnya didalam menjalankan semua aktifitas kehidupann tidak terkecuali ibadah.




Tag : Tayamum
Back To Top