How To

Tata Cara Mandi Wajib Bagi Laki-Laki




Sebetulnya tata cara mandi wajib bagi laki-laki maupun perempuan sama saja, entah itu setelah melakukan persetubuhan ataupun bermimpi basah ataupun haid bagi wanita. Hanya sedikit perbedaan lafadz dalam niat bagi wanita haid ataupun nifas, namun dari segi prakteknya sama saja. Yang jelas semuanya harus dilakukan sesuai syarat dan rukun yang telah berlaku dalam syariat Islam.



Tata Cara Mandi Wajib Bagi Laki-Laki


Secara terperinci, ini dia bagaimana tata cara melakukan mandi wajib bagi laki-laki maupun wanita.
  1. Awali segala macam ibadah termasuk mandi besar dengan membaca basmallah.
  2. Sunat mencuci dahulu kedua telapak tangan sebanyak 3 kali. 
  3. Sunat juga mencuci kemaluan dan dubur terlebih dahulu dengan tangan kiri hingga bersih sebanyak 3 kali, selanjutnya cuci kembali kedua tangan tersebut. Jika ada najis, maka membersihkannya berubah menjadi wajib.
  4. Berwudhu dulu seperti halnya wudhu ketika akan melakukan shalat.
  5. Ambil air dan basuh ke sela-sela rambut dengan kedua tangan. Dimulai dari bagian kepala sebelah kanan kemudian yang sebelah kiri. Ketika air mengenai bagian kepala, segera lakukan niat mandi wajib. Niat mandi wajib dilakukan dalam hati dan disunatkan sambil mengucapkan “Nawaitu ghusla lirof’il hadatsil akbari minal janaabati ‘an jamii’il badani fardhallillaahi taa’alaa.” Artinya : Saya berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari semua badan setelah junub, yang merupakan kewajiban hanya karena Allah semata. Fungsi dari niat ini adalah untuk membedakan antara mandi wajib dengan mandi biasa.
  6. Tuangkan air ke atas kepala dan bagian wajah sebanyak 3 kali, kemudian dilanjutkan dengan menyiramkannya ke seluruh badan termasuk tangan, kaki dan bulu-bulu atau rambut yang tumbuh tanpa terkecuali sambil menggosok-gosok dengan tangan terutama pada sela-sela jari kaki dan tangan serta bulu-bulu tebal.
  7. Melakukan mandi wajib secara tertib dan kontinue tanpa terpisah oleh kegiatan lain.
  8. Dianjurkan untuk tidak mengeringkan air bekas mandi besar karena itu adalah sunat Rasul.
  9. Membaca doa setelah mandi wajib. Doa yang dibaca setelah mandi wajib sama dengan doa yang dibaca setelah melakukan wudhu.
Itulah tata cara mandi wajib bagi laki-laki yang bisa Saya sampaikan buat sobat semua, semoga berkenan dan bermanfaat.



Tag : Islam
Back To Top