How To

Cara Membuat Pancake Sederhana di Rumah




Kali ini Saya akan share bagaimana cara membuat pancake sederhana di rumah. Ngomong-ngomong sobat tahu nggak apa yang dimaksud pancake ? Dilansir dari wikihow, pancake atau panekuk adalah sejenis roti datar atau kue sederhana, yang rasanya tidak selalu manis dengan resep bervariasi, namun semuanya memiliki bahan dasar yang sama yaitu tepung, telur, dan susu. Amerika Serikat dan Kanada menyajikan panekuk untuk sarapan, sedangkan di kawasan Eropa panekuk disajikan sebagai hidangan penutup atau hidangan pendamping.

Penasaran kan ingin mempraktekkan bagaimana cara membuat pancake ? Baik, silahkan sobat siapkan dahulu uangnya di dompet. Setelah itu silahkan berangkat ke pasar atau mini market. Beli bahan berikut di bawah ini :
  1. tepung terigu 100 gram
  2. gula pasir 30 gram 
  3. tepung maizena 1 sendok makan 
  4. baking powder 1 sendok teh
  5. garam 1/4 sendok teh
  6. telur 1 butir 
  7. susu cair 100 ml 
  8. minyak sayur 1 sendok makan 

Nah, kalau bahan-bahannya sudah lengkap semua, ikuti tutorial bagaimana cara bikin pancake yang sederhana namun sangat enak ini yang Saya ambil resepnya dari Bu Risne Okatiani.


Cara Membuat Pancake Sederhana di Rumah


  • Campurkan terigu, gula pasir, tepung maizena, garam dan baking powder dalam sebuah wadah lalu diaduk hingga rata.
  • Kocoklah telur dalam wadah terpisah agar kuning dan putih telurnya tercampur namun dengan sedikit buih. Lalu tambahkan susu sambil diaduk rata. Masukkan juga campuran tepung secara bertahap, sekitar 2-3 tahapan dan aduk samapai rata.
  • Masukkan minyak lalu aduk sebentar saja. Selanjutnya tutup wadah dengan plastik dan diamkan adonan sekitar 10 menit, lalu aduk rata lagi nanti saat mau didadar.
  • Panaskan wajan datar anti lengket di atas api sedang. 
  • Tuangkan 1 sendok adonan di tengah wajan dan biarkan hingga berbentuk bulat dan mengembang. Masak di atas api kecil sampai timbul gelembung-gelembung udara di permukaan pancake serta berwarna kecoklatan di bagian bawah. Balikkan dengan spatula, angkat setelah matang dan sajikan.
  • Pancake sederhana sudah bisa dinikmati, kalau kurang sreg bisa juga ditambah dengan aneka topping sesuai selera, seperti keju, coklat, madu, susu atau yang lainnya.
Itulah resep atau cara membuat pancake sederhana di rumah namun enak dan nikmat. Semoga bermanfaat, terima kasih juga resepnya buat Bu Risne, semoga jaya blognya Resep Masakan Kreatif.



Tag : Kuliner
Back To Top