How To

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari




Melihat gerhana matahari secara langsung akan merusak mata, karena cahaya matahari dapat membakar retina dan menyebabkan kebutaan. Sama halnya dengan kaca pembesar yang menyalurkan cahaya matahari hingga membakar benda yang berada di titik fokusnya.

Saat gerhana matahari total merupakan tahap aman melihat gerhana. Namun, saat kembali terbuka kembali, piringan mataharinya akan menjadi lebih berbahaya karena kondisi pupil masih terlalu besar usai berada dalam kegelapan.

Melihat gerhana matahari bisa dilakukan dengan menggunakan teleskop, kacamata filter matahari, dan kamera lubang jarum yang dibuat dari kardus. Kamera lubang jarum mudah dibuat dari media kardus dan kertas. Selain itu, kita dapat dengan aman melihat bayangan induksi matahari dari sinar yang masuk melalui lubang jarum yang dibuat di kardus.

Inilah tiga cara aman melihat gerhana matahari yang bisa Anda coba.


Metode lubang jarum




Buat sebuah lubang pada selembar kertas. Anda dapat membuat lubang dengan jarum, pastikan lubang tersebut bulat, halus dan berukuran kecil. Berdiri dengan punggung menghadap matahari. Pegang kertas berlubang sehingga sinar matahari mengenai kertas tersebut.

Ambil selembar kertas lain berwarna putih. Pegang kertas kedua di belakang kertas pertama sehingga gambar matahari akan membayang di kertas kedua.

Anda juga dapat menggunakan kardus kecil seperti kardus sereal. Buat sebuah lubang di satu sisi. Hadapkan sisi berlubang ke matahari. Gambar matahari akan muncul di dalam kotak kardus. Untuk membuat gambar terlihat lebih jelas, letakkan kertas putih di bagian dalam kardus.

Jangan mengintip ke arah matahari melalui lubang yang ada.


Proyeksikan matahari melalui teropong atau teleskop




Tutup salah satu lubang pada teropong. Arahkan lubang yang terbuka - bagian yang lebih besar - ke arah matahari. Letakkan selembar kertas putih dengan jarak sekitar 30 cm dari teropong. Anda dapat menggunakan roda untuk menyesuaikan fokus untuk menyesuaikan ketajaman gambar.

Idealnya, teropong yang Anda gunakan terpasang ke sebuah tripod. Selain teropong, Anda juga dapat menggunakan teleskop berukuran kecil untuk melakukan ini.


Kacamata untuk melihat gerhana


Cara Aman Melihat Gerhana Matahari


Menggunakan kacamata khusus adalah satu-satunya cara untuk melihat gerhana matahari secara langsung. Sama seperti kacamata 3D, kacamata ini dilengkapi dengan material khusus yang akan memotong cahaya matahari 100 ribu kali. Saat menggunakan kacamata untuk melihat gerhana, pastikan kacamata tersebut asli.



Tag : Gerhana
Back To Top