Cara Menghilangkan Blackhead




Bagi pemilik kulit berminyak, blackhead adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu penampilan. Tidak seperti whitehead, blackhead adalah jenis komedo yang dapat menyebabkan titik-titik hitam di wajah.

Bintik-bintik hitam ini terjadi karena minyak dan kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah terpapar bakteri di udara. Masalah kulit ini tentunya harus segera diatasi karena pori-pori yang kotor jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, salah satunya adalah berkurangnya elastisitas kulit.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menghilangkan blackhead dari wajah Anda, tips berikut dapat dijadikan rujukan untuk menghilangkan blackhead di area wajah, seperti hidung, dagu, dan dahi.

Cucilah wajah dua kali sehari
Ini mungkin terdengar klise, tetapi mencuci wajah secara teratur dua kali sehari dapat membantu mencegah blackhead dari kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori Anda. Cucilah wajah Anda di pagi hari untuk menghilangkan bakteri dari sarung bantal yang mungkin menempel di kulit.

Kemudian, pada malam hari sebelum tidur, pastikan bahwa Anda mencuci muka untuk menyingkirkan riasan dan kotoran yang melapisi kulit sepanjang hari. Gunakan pembersih wajah yang lembut agar tidak mengiritasi kulit Anda.

Membersihkan pori dengan Pore Strip
Jika Anda menginginkan solusi untuk menghilangkan blackhead secara instan, Anda dapat menggunakan pore strip. Pore strip dapat membantu menghilangkan blackhead dengan menghilangkan kotoran dan minyak yang tersumbat di pori-pori kulit wajah.

Hanya saja, perlu diingat bahwa metode ini tidak berarti Anda dapat langsung menghilangkan blackhead selamanya dari kulit Anda. Pore strip hanya menghilangkan kotoran dan minyak pada permukaan kulit, atau blackhead yang hanya muncul di pori-pori dalam waktu singkat.

Jika Anda ingin menghilangkan blackhead secara permanen, penggunaan pore strip tentu saja harus disertai dengan perawatan kulit yang tepat.

Mengeksfoliasi secara rutin
Terlepas dari kotoran dan minyak, sel-sel kulit mati adalah salah satu hal yang juga dapat menyumbat pori-pori Anda. Karena itu, Anda bisa melakukan pengelupasan kulit secara teratur dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang berkontribusi pada pembentukan blackhead di kulit.

Jika Anda memiliki jenis kulit yang sangat berminyak yang rentan terhadap blackhead, Anda dapat meningkatkannya hingga tiga kali seminggu. Fokus pada pengelupasan kulit di daerah-daerah yang rawan blackhead, yaitu hidung, dagu, dan dahi.

Pastikan untuk menggunakan pelembab setelah kulit terkelupas. Jika Anda membiarkan kulit kering, produksi minyak Anda akan meningkat, membuat lebih banyak minyak, dan lebih banyak blackhead.

Mencoba mikrodermabrasi
Perawatan kulit di klinik kecantikan tentunya juga dapat membantu mengatasi blackhead yang biasanya bersarang di hidung, dagu dan dahi Anda. Jika Anda terbiasa dengan perawatan wajah, mikrodermabrasi juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan blackhead yang membandel di kulit Anda.

Tidak perlu khawatir, perawatan kulit mikrodermabrasi diketahui tidak menyakitkan seperti facial, tetapi secara efektif dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada lapisan permukaan dan merangsang produksi kolagen untuk membuat kulit lebih sehat.

Hindari bahan yang menyumbat pori
Selain perawatan kulit rutin, Anda juga perlu menghindari bahan-bahan tertentu yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Dimethicone adalah jenis silikon yang biasa ditemukan dalam lotion, primer dan foundation yang digunakan untuk mengisi garis yang tidak rata dan halus.

Meskipun bahan ini aman untuk perawatan kulit, penggunaan dimethicone yang berlebihan sebenarnya telah terbukti menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat dan blackhead. Minyak kelapa atau shea butter juga bersifat komedogenik atau dapat menyumbat pori-pori sehingga Anda perlu menghindarinya.

Jika kulit Anda tergolong rawan jerawat atau berminyak, hindari produk berbahan dasar minyak karena akan menyebabkan pembentukan lebih banyak blackhead.

Menggunakan asam salisilat
Asam salisilat adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan blackhead, dan Anda dapat menemukannya di beberapa counter untuk perawatan jerawat. Cara terbaik untuk menggunakan asam salisilat adalah dengan mengoleskannya setidaknya setiap hari ke wajah.

Asam salisilat dapat membantu menggantikan sel-sel kulit, membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Anda bisa mulai dengan menggunakan pencuci wajah yang dilengkapi dengan asam salisilat.

Mencoba retinoid
Retinoid juga merupakan salah satu bahan yang direkomendasikan untuk membantu menghilangkan blackhead. Seorang dokter kulit bernama Rebecca Kleinerman juga mengatakan bahwa retinoid adalah pengobatan yang baik untuk blackhead. Meskipun mungkin pemilik kulit sensitif lebih suka menghindarinya, ada beberapa pilihan produk dengan kandungan retinoid yang tidak terlalu kuat.

Jangan memencet blackhead dengan jari
Mengatasi blackhead dengan meremas dan menghilangkannya dengan jari tidak dianjurkan oleh dokter kulit, karena risiko infeksi atau meninggalkan bekas luka. Jika Anda memiliki masalah serius, Anda harus mengunjungi ahli kecantikan untuk melakukan perawatan khusus.

Perawatan yang ditawarkan biasanya dengan mengoleskan masker enzim yang dikombinasikan dengan uap untuk membuka pori-pori kulit wajah, kemudian blackhead dihilangkan dengan memberi sedikit tekanan menggunakan alat khusus.

Cara Menghilangkan Blackhead

Memakai pelembab
Metode dan produk perawatan yang bertujuan menghilangkan blackhead cenderung membuat kulit kering. Karena itu, melembabkan kulit adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Jika retinoid membuat kulit Anda kering, coba aplikasikan setelah menggunakan pelembab.

Selain itu, pastikan untuk memilih produk dengan formula non-komedogenik dan non-acnegenic yang telah terbukti tidak menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan munculnya jerawat.

Menggunakan pencuci wajah anti jerawat
Pencuci wajah untuk kulit berjerawat umumnya memiliki asam salisilat, yang dapat membersihkan pori-pori tanpa mengiritasi kulit. Selain itu, asam salisilat juga membantu mencegah munculnya

Membukan sumbatan dengan asam
Akumulasi minyak dan kotoran lain yang masuk ke dalam pori-pori sangat lengket sehingga Anda harus melepasnya terlebih dahulu sebelum membersihkannya dengan seksama. Bagaimana caranya ? Selalu bersihkan wajah Anda dengan produk pembersih yang mengandung asam malat, glikolat, laktat atau salisilat.

Bahan-bahan ini dapat membantu membersihkan pori-pori dari penyumbatan sel-sel kulit mati dan membantu menguraikan akumulasi kotoran sehingga dapat keluar dan keluar dari pori-pori Anda dengan mudah. Gunakan produk pembersih dalam bentuk tisu wajah agar lebih mudah digunakan, juga lakukan setiap malam sebelum tidur.

Menggunakan sikat facial cleansing
Jika Anda membersihkan wajah dengan produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat selama sebulan, dan masih melihat kemunculan blackhead, coba gunakan alat mekanis saat mencuci wajah, seperti sikat pembersih wajah.

Getarannya yang cepat membantu untuk memecahkan penyumbatan tanah lebih cepat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, maka direkomendasikan menggunakan alat ini setiap hari. Tetapi jika kulit Anda kering dan atau sensitif, gunakan saja dua kali seminggu.

Menggunakan Clay Mask
Perawatan wajah dengan masker lumpur atau masker tanah liat khusus untuk mengurangi minyak berlebih, membantu mengurangi penampilan blackhead. Karena masker tanah liat membantu mengontrol kadar minyak wajah, yang berarti mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat. Gunakan masker tanah liat sekali setiap minggu, selama 10 hingga 15 menit.

Metode eksfoliasi kimia
Eksfoliasi kimia dengan kandungan AHA dan BHA membantu mengelupaskan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Oleskan ke kulit bersih dan kering selama 20 menit, lalu cuci dengan air hangat.

Gunakan produk perawatan wajah ini sekali dalam dua minggu. Perlu diingat bahwa jenis exfoliant ini mengandung formula yang cukup kuat. Tapi perlahan tapi pasti, dan diimbangi dengan penggunaan rutin, blackhead akan bersih sepenuhnya.

Meningkatkan kelembaban kulit
Produk untuk kulit berjerawat umumnya dapat membantu membersihkan blackhead. Tapi efek sampingnya, bisa membuat kulit kering. Selain itu, kondisi kulit kering menyebabkan produksi minyak yang berlebihan sehingga dapat membuat lebih banyak blackhead.

Karena itu, pastikan untuk menjaga kelembaban kulit dengan produk pelembab yang tepat untuk Anda. Jika memungkinkan, pilih pelembab dengan formula khusus untuk kulit berjerawat.

Kunjungi ahli kulit
Sudah melakukan metode di atas, tetapi blackhead masih terus mengganggu wajah? Mungkin ini saat yang tepat untuk mengunjungi dokter kulit dan meminta bantuannya. Konsultasikan masalah kulit Anda dengan dokter kulit Anda dan ia akan memberikan resep dan perawatan yang tepat untuk membersihkan blackhead dari wajah.

Ada banyak cara untuk membersihkan blackhead dari wajah. Anda bisa mulai dari langkah paling mudah, menggabungkan beberapa cara atau mencoba langkah terakhir jika beberapa perawatan di rumah kurang efektif untuk mengatasi masalah wajah itu.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat blackhead atau komedo hitam membandel di hidung, telinga, pipi dengan cepat, baik dengan produk menghilangkan blackhead seperti masker menghilangkan blackhead atau dengan pasta gigi.

Sumber :
https://journal.sociolla.com/beauty/tips-menghilangkan-blackheads/
https://beautynesia.id/8739
https://www.popbela.com/beauty/skin/dinalathifa/cara-mengatasi-komedo-1/full



Tag : Kecantikan
Back To Top