How To

Cara Merawat Kulit Wajah




Maksud cara merawat kulit wajah di sini adalah cara perawatan wajah dengan tujuan agar si kulit wajah yang asalnya putih, tetep putih tidak berubah menjadi kelam, yang asalnya kinclong, tetep maknyus dilihat tidak mendadak burem, yang asalnya keliatan awet muda, ya tetep nggak keliatan tuanya.


Cara Merawat Kulit Wajah


Banyak cara merawat wajah yang bisa dilakukan, baik dengan cara mahal maupun cara murah. Saya sendiri nggak pernah merawat wajah dengan cara mahal. Cukup di rumah saja pakai air bening tambah sabun muka. Maklum sih kalau cowok seperti Saya kan sudah ganteng he..he.., jadi nggak terlalu mementingkan harus pergi ke salon wajah atau dokter perawatan kulit wajah. Saya takut kalau nanti ke dokter wajah, terus dokternya cewek,  dia kecantol sama Saya, kan kasihan istri Saya nanti.

Sudah ya, daripada tambah ngawur nulisnya, kita kembali ke tema semula, bagaimana cara merawat kulit wajah yang betul itu. Cukuplah sobat mempraktekkan beberapa tips di bawah ini, yaitu :
  1. Cobalah setiap mau menyentuh wajah, lihat dulu tangan kita, apakah kotor atau kagak, kalau sekiranya kotor, cepat cuci dulu, siapa tahu ada kuman di balik tangan kita. Eit tunggu dulu, jangan lupa nyucinya pakai air bersih ya, jangan asal air.
  2. Jika sobat suka memakai pembersih dan penyegar wajah, sebaiknya pilih cleanser dan tonic yang cocok dengan kulit wajah sodara. Kalau kulit sobat tipe berminyak, ya jangan memilih penyegar dan pembersih buat kulit yang kering dong.
  3. Rajin nyuci muka setiap hari, ya minimal empat kali. Pagi, siang, sore sama malem hari. Kalau yang muslim sih cukup pakai wudhu, makanya kalau muslim yang getol shalat, pasti wajahnya cerah-cerah dan adem-adem.
  4. Kalau sobat tipe orang yang sering beraktifitas di luar dan sering terkena sinar matahari, sebaiknya pakai pelembab yang sesuai dengan wajah, agar terhindar dari efek sinar ultraviolet.
  5. Sekali-kali pakai masker wajah, misalnya dua kali seminggu setiap akan tidur. Tujuannya agar berbagai macam kotoran yang menempel bisa terangkat semua. Masker yang dipakai bisa dari bengkoang. Bisa juga dari campuran yoghurt dan sedikit madu.
  6. Untuk menyegarkan kulit dari dalam, coba deh banyak minum air putih sama memperbanyak mengkonsumsi makanan yangmengandung vitamin E.
  7. Jangan lupa, olahraga juga secara teratur, nggak apa-apalah seperempat jam juga, yang penting kan sobat ada gerak. Maksudnya agar peredaran darah ke wajah tetep lancar.
Mungkin sobat ada yang protes, tips di atas kan cara biasa dan umum dipakai, sementar sobat pinginnya resep yang khusus atau setidaknya ada ramuan tertentu untuk merawat wajah. Okelah, kalau memang pinginnya demikian, Saya kasih juga resep untuk merawat kulit wajah sebagai berikut.
  1. Memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu ambil airnya dengan cara diperas. Oleskan perasannya pada wajah, lamanya 10-20 menit saja, selanjutnya cuci muka Anda. Cocok untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah.
  2. Menghaluskan satu buah tomat ditambah satu sendok madu lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit saja. Cocok dalam mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan warna kulit wajah.
  3. Menghaluskan satu buah pisang ambon ditambah satu sendok madu lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit saja. Cocok untuk meremajakan kulit dan membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal.
  4. Memblender apel untuk dijadikan bubur lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Cocok untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah.
  5. Memarut satu buang kentang dan mencampurnya dengan satu sendok madu, lalu oleskan ke wajah kita, diamkan selama 20 menit. Cocok untuk memutihkan kulit untuk semua jenis kulit.
Gimana, masih kurang resepnya ? Jangan banyak-banyak, nanti malah bingung mau ngapain. Coba deh praktekan satu-satu dulu yang kira-kira cocok dan bahannya tersedia. Terlalu banyak teori cara merawat kulit wajah tanpa praktek sama saja bo-ong.



Tag : Wajah
Back To Top