How To

Cara Diet Alami Yang Sehat dan Cepat




Beruntung sekali kalau kita punya berat badan yang tepat dan proporsional, asalkan selalu menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat, maka berat badannya akan tetap stabil, tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Sebaliknya, bagi mereka yang kebetulan dianugerahi tubuh subur, maka tak heran mereka selalu mencari cara diet alami yang sehat dan cepat bagi tubuh mereka untuk mendapatkan berat badan yang proporsional. Bagi sobat yang berat badannya sudah tepat, jangan sampai memperburuk keadaan dengan sembarangan dalam pola makan, karena kebanyakan faktor kegemukan disebabkan salah dalam pola makan yakni gemar memakan makanan instant atau cepat saji dan banyak ngemil tanpa dibarengi dengan proses pembakaran kalori alias rutin berolahraga.

Sebetulnya, untuk menurunkan berat badan cukup dengan rumus sederhana, yang penting kita punya kemauan atau niat yang kuat untuk melakukan diet ditambah dukungan atau semangat dari orang-orang terdekat kita, misalnya kakak, orang tua, pasangan hidup bahkan teman belajar sekalipun. Tentu saja, semangat dari orang lain pun belum cukup jika kita tidak mempraktekkan berbagai tips mudah atau cara diet alami dalam prakteknya sehari-hari.

Berikut ini, blog Seputar Cara akan menyajikan beberapa trik seputar cara diet alami namun tetap sehat dan memberikan hasil yang cepat bagi penurunan berat badan kita yaitu :

Minum air putih sebelum makan
Cukup dengan meminum segelas air putih sebelum makan, maka keinginan untuk makan banyak biasanya akan hilang karena perut sudah terisi air dan cepat kenyang. Biasakan juga meminum minimal 8 gelas sehari secara bertahap dan jadwalkan sesuai dengan keinginan Anda. Tujuannya adalah agar proses metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik.

Selalu sarapan pagi
Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan meninggalkan sarapan pagi, maka sama saja dengan mengurangi makan dan tentu nya hal ini akan mengurangi berat badan. Padahal tanpa sarapan justru akan memperlambat metabolisme tubuh. Jadi lakukanlah sarapan pagi seperti biasanya dengan makanan kaya akan serat, protein dan bergizi tinggi.

Banyak bergerak
Maksudnya sama saja dengan berolahraga secara rutin tiap hari walau hanya 20 menitan saja. Nggak usah nyari olahraga yang terlalu berat, cukup jalan santai atau jogging, lari-lari di depan rumah dan lain sebagainya yang penting ada kalori yang terbakar. Kalau ada uang, belilah alat untuk angkat beban untuk latihan otot, karena sangat efektif dalam membakar lemak. Bagi pekerja kantoran pun sama pentingnya, olahraganya bisa dengan cara berjalan kaki tanpa menggunakan lift disela kesibukan kerja atau ketika waktu istirahat.


Cara Diet Alami

Olahraga sebagai Cara Diet Alami


Mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat
Makanan berprotein ternyata mampu membantu proses diet tubuh kita karena mampu membakar lemak. Contohnya putih telur, daging tanpa lemak dan sereal. Begitu juga makanan berserat pun sangat baik dalam mendukung program diet kita. Makanan berserat bisanya terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan yang dipilih sebaiknya yang vitamin C-nya tinggi seperti jeruk, karena membantu dalam membakar lemak, tentunya tanpa melupakan buah yang lainnya.

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks biasanya didapat dari beras merah, gandum, sereal dan kacang-kacangan. Dengan mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi, mie, pasta dan lainnya yang memang susah diserap tapi malah ditimbun menjadi lemak dengan karbohidrat kompleks, maka diharapkan proses dietnya bisa berjalan mulus.

Hindari makan malam
Bukan berarti tidak boleh makan malam, maksudnya hindari makan malam yang mengandung banyak karbohidrat karena malam hari kita tidak banyak beraktifitas sehingga kalori malah ditimbun. Kalau mau, makanlah sejenis sayuran yang direbus dan banyak makan buah.

Buat jadwal menu
Agar menu diet kita tidak membosankan dan yang itu-itu juga, sebaiknya bikinlah jadwal menu makanan apa saja yang akan dimakan dalam waktu satu minggu, tentunya yang sesuai dengan menu diet, seperti karbohidrat kompleks, sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein. Jumlah kalori makanan harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori kita dalam kegiatan sehari-hari. Namun demikian, kita pun harus ingat dengan prinsip makan dalam Islam bahwa sebaiknya kita makan disaat kita lapar dan berhenti makan disaat kita sudah terasa mulai kenyang.

Cukup istirahat
Maksudnya, malam hari harus digunakan untuk tidur, karena tidur yang cukup 7-8 jam sehari bisa menenangkan tubuh beserta organ tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sebaliknya, kurang tidur malah akan menambah stress dan membuat kita lebih banyak ngemil.

Berpuasa 
Ini dia salah satu cara diet alami yang sering dilupakan. Bagi muslim tidak asing lagi dengan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa sunat. Cobalah membiasakan diri dengan berpuasa sunat seperti puasa Senin Kamis ataupun puasa Daud yakni puasa sehari, buka sehari, maka silahkan lihat hasil diet Anda. Disamping bermanfaat buat kesehatan, pahala ibadanya pun dapat.

Itulah cara diet yang bisa Saya infokan buat sobat-sobat yang saat ini sedang betul-betul butuh wejangan untuk menurunkan berat badan secara alami namun sehat dan cepat.



Tag : Diet
Back To Top