How To

Cara Mengupas Kepiting




Karena cangkang kepiting lumayan keras, maka dibutuhkan keterampilan tentang cara mengupas kepiting yang benar dengan tujuan agar mempermudah pengolahan daging kepiting.

Ada beberapa tips yang harus diketahui untuk dapat membuka cangkang kepiting dengan mudah, yaitu :
  • Pastikan, si kepiting sudah mati dulu ya, soalnya kalau masih hidup ntar nyapit.
  • Cuci dulu sampai bersih dari kotoran atau tanah.
  • Rebus dulu kepitingnya sampai setengah matang
  • Buka penutup perut kepiting di bagian bawah sehingga terdapat lubang untuk mengupas cangkangnya dengan mudah.
  • Setelah cangkang terbuka, belah kepiting menjadi dua bagian membentuk tanda ( | ) atau menjadi empat bagian membentuk tanda (+), agar dapat dimakan dengan mudah.
  • Buang bagian ujung pantat kepiting dan cairan hijau di dalam perut kepiting karena tak pantas dikonsumsi.

Cara Mengupas Kepiting


Tujuan membelah kepiting setengah matang sebelum membumbuinya adalah agar nanti bumbu-bumbu tersebut lebih meresap kedalam daging kepiting. Nah itulah cara kupas kepiting yang benar dan sederhana.

Beberapa informasi terkait dengan cara mengupas kepiting yang juga sering ditanyakan adalah tentang :

Cara membersihkan kepiting hidup

Biasanya kalau Anda membeli kepiting atau rajungan, pasti pernah membelinya dalam keadaan masih hidup. Jika nelayan membungkus kepiting dalam kantong plastik, beri lubang agar kepiting dapat bernafas. Lalu jangan taruh kepiting dalam lemari es sesampai dirumah, tapi masukkan saja ke dalam bak atau panci berisi air garam.

Walaupun memang si kepiting rasanya lezat, tapi kepiting bukan termasuk binatang yang suka kebersihan. Kepiting suka sekali tinggal di daerah laut yang kotor. Oleh karena itu, bersihkan dulu si kepiting dengan sikat. Caranya, angkatlah kepiting, lalu balikkan, kemudian ketuk cangkangnya di bagian dekat dengan mata. Ketukan ke meja tapi jangan terlalu keras, nanti dia menjerit bilang aw....

Cara ini cukup membuat kepiting prustasi lalu mabok dan teler. Selanjutnya sikatlah seluruh badannya, cangkang atas, capit, dan bagian bawahnya dengan sikat tentunya. Kalau mau mematikan kepiting, jangan langsung dimasukkan ke air panas, tapi ketuklah cangkang kepiting 3 kali, maka dia langsung pingsan.

Cara membersihkan kepiting agar tidak keracunan

Kalau Anda membeli dan mengolah sendiri kepiting dari nelayan atau pasar, maka Anda harus memperhatikan cara pembersihan kepiting agar terhindar dari resiko keracunan. Ada bagian-bagian yang harus dibuang karena selain kotor juga tidak bermanfaat untuk dimakan. Jadi Anda jangan coba-coba memakannya agar terhindar dari keracunan makanan. Ini dia bagian yang harus dibuang :

  • Membuang bagian lambung kepiting atau kantong kencing kepiting, posisinya terletak di cangkang punggung, sisi tepi di bagian tengah yang bentuknya menyerupai segitiga dan berupa kantong kecil berbahan tulang. Mengapa harus dibuang ? Karena didalamnya terdapat pasir dan kotoran semacamnya.
  • Membuang bagian usus kepiting, yaitu berupa seutas benang hitam yang menghubungkan lambung kepiting dengan pusar kepiting.
  • Membuang hati kepiting atau papan segi enam.
  • Membuang pipi bagian bawah atau insang kepiting yang tumbuh di bagian lambung, bentuknya seperti alis dua baris berbahan lunak yang disebut juga alis kepiting.

Info lainnya yang juga sering dicari adalah :
- cara membersihkan kepiting bakau
- cara membersihkan kepiting rajungan
- bagian kepiting yang harus dibuang
- cara membersihkan kepiting beserta gambar
- cara mengupas rajungan
- cara mengolah rajungan




Tag : kepiting
Back To Top