How To

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari




Tidak ada yang harus berteman dengan jerawat, terutama jika Anda punya hari besar yang akan segera datang. Dengan cara dan teknik yang tepat, Anda bisa mulai membersihkan noda bekas jerawat secepat mungkin meskipun biasanya tidak mungkin untuk benar-benar bisa menghilangkan bekas jerawat dalam waktu semalam, namun Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengurangi secara drastis ukuran dan iritasi jerawat Anda dengan segera.

Berikut ini Saya uraikan step by step tentang bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari atau cara menghilangkan jerawat dan bekasnya seketika. Silahkan perhatikan paparan di bawah ini.

Mempersiapkan wajah

Membersihkan wajah
Untuk membersihkan jerawat, Anda perlu memulainya dengan mencuci wajah. Jerawat terdiri dari bakteri yang telah menyerang pori-pori Anda, dan langkah pertama adalah melawannya dengan cara yang lembut tapi efektif yakni mencuci wajah. Sebagian orang menggunakan kain lap saat mencuci muka, padahal dengan memakai tangan jauh lebih efektif sebab tidak menimbulkan iritasi. Anda bisa menggunakan sabun anti jerawat ketika mencuci jerawat, dengan mencampurkan terlebih dahulu pada air hangat, lalu gosok secara perlahan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar.

Mengekspoliasi kulit 
Biasakan melakukan proses ini dengan memakai scrub jerawat setiap minggu. Ekspoliasi berarti proses lembut dalam menyeka lapisan atas sel kulit yang telah mati yang terakumulasi di epidermis, membersihkan area tersebut untuk membentuk lapisan kulit baru dan bebas jerawat. Saat Anda mencuci muka dengan menggunakan exfoliant yang lembut, berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu keras.

Bilas sampai bersih
Gunakan air dingin dan bilas wajah Anda dengan baik, gosok perlahan. Adapun air hangat bermanfaat dalam membuka pori-pori Anda dan membersihkan pori-pori dengan benar, sedangkan air dingin akan menyempitkan pembuluh darah dan menyebabkan pori-pori serta kulit sekitarnya menjadi kencang.

Menggunakan Astringent

Gunakan astringent di daerah yang terkena 
Astringent adalah agen yang menyebabkan kulit berkontraksi atau menjadi lebih kecil. Beberapa perawatan jerawat komersial menggunakan berbagai senyawa antibakteri, antimikroba, dan astringent untuk melawan jerawat dan membersihkan kulit. Apa pun yang Anda gunakan untuk membersihkan kulit Anda, astringent adalah cara tercepat dan paling efektif untuk jika Anda memiliki waktu terbatas.

Memakai benzoil peroksida 
Benzoil peroksida digunakan untuk membunuh bakteri yang berkontribusi terhadap jerawat. Benzoil peroksida mempunyai konsentrasi yang berbeda, namun benzoyl peroxide dengan konsentrasi 2,5% sama efektifnya dengan larutan 5-10%, dan ini tidak terlalu mengganggu kulit. Benzoil peroksida juga membantu mengelupas lapisan kulit mati, membentuk kulit yang lebih cerah dan muda pada tempatnya.

Menggunakan asam salisilat
Seperti halnya benzoil peroksida, asam salisilat membunuh bakteri yang bertanggung jawab atas pertumbuhan jerawat. Hal ini juga menyebabkan sel kulit mati lebih cepat, mendorong pertumbuhan kulit baru. Aplikasikan sedikit asam salisilat ke daerah yang terkena jerawat sebelum Anda tidur, setelah Anda mencuci muka.

Memakai astringent alami
Anda mungkin memiliki sesuatu di dapur atau lemari es Anda dengan kualitas zat yang bisa Anda gunakan tanpa harus membeli ke toko. Jika Anda mencoba membersihkan jerawat secepat mungkin, pertimbangkan untuk menggunakan bahan alami berikut ini yakni :

Kulit pisang
Kulit pisang sangat membantu dalam mengobati gigitan serangga dan nyamuk, dan mungkin membantu mengurangi ukuran jerawat. Secara perlahan gosoklah kulit pisang di atas area yang terkena. Bisa juga dicoba dengan menyiapkan kulit pisang dengan sedikit garam, satu sendok teh cuka dan satu sendok makan sirup maple yang dimix dengan cara diblender. Aplikasikan di wajah Anda dan biarkan selama 7 menit. Cucilah muka dan keringkan.

Teh hijau
Teh hijau mengandung banyak antioksidan, yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan radikal bebas. Curamlah kantong teh pada air panas, keluarkan kantong teh beserta semua cairannya, dan taruh ke area yang terkena dampak.

Tomat
Tomat memiliki asam yang akan menghancurkan jerawat dan menguranginya. Asam akan menutup pori-pori Anda dan melawan bakteri. Oleskan setengahnya ke wajah Anda di satu sisi, dan separuh lainnya ke sisi lain wajah Anda.

Menggunakan obat rumahan

Es batu
Oleskan es batu pada jerawat yang meradang. Gosokan es batu di atas jerawat di wajah sampai area itu terasa mati rasa. Saat wajahmu mati rasa, berhentilah. Biarkan wajahmu menghangat kembali. Es akan membantu mengurangi ukuran pori-pori dengan menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit. Jika jerawat Anda menyakitkan, es juga bisa mengurangi rasa sakit. Jika Anda memiliki banyak jerawat, lakukan secara bertahap dibagi beberapa area. Bila satu bagian merasa mati rasa, pindahlah ke bagian berikutnya. Es batu adalah satu-satunya obat rumahan yang terbukti mengurangi ukuran dan jumlah jerawat.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari dengan es batu

Minyak pohon teh
Cobalah menggunakan minyak pohon teh. Minyak pohon teh adalah minyak esensial antibakteri yang bisa meledakan mikroba yang sudah mulai membuat rumah di dalam pori-pori Anda. Coba oleskan sedikit minyak pohon teh pada jerawat dan berhati-hatilah penggunaannya agar tidak terlalu banyak. Minyak pohon teh memiliki khasiat antiinflamasi yang bisa membuat kemerahan dan ukuran jerawat kurang terlihat.

Aspirin
Haluskan tablet aspirin dan tambahkan air secukupnya untuk membuatnya menjadi pasta. Aplikasikan pasta aspirin itu ke bagian jerawat yang menutupi seluruhnya. Biarkan sampai kering. Aspirin adalah antiinflamasi yang membantu kulit melawan peradangan, membuat jerawat terlihat samar. Biarkan pasta aspirin melawan jerawat semalam.

Pasata gigi
Pasta gigi mengandung silika, yang merupakan bahan pengering yang antara lain bisa Anda temukan di dalam kantong dendeng. Pasta gigi atau odol bisa membantu dalam mengeringkan jerawat hanya dalam waktu semalam sehingga mengecilkan ukurannya, meski bukan cara yang efektif untuk membersihkan kulit Anda. Pastikan menggunakan pasta gigi alami saat Anda mengolesnya ke kulit Anda. Beberapa pasta gigi yang mengandung natrium lauril sulfat bisa mengiritasi kulit. Hati-hati sebelum menerapkannya.

Perawatan Jangka Panjang

Tidur
Kondisi sering begadang alias kurang tidur ternyata dapat mengakibatkan perubahan hormon yang pada akhirnya membuat wajah Anda lebih rentan terhadap jerawat. Tidurlah delapan jam penuh setiap malam.

Jangan stres
Dokter tidak sepenuhnya tahu mengapa stress bisa terjadi, tapi mereka tahu ada kaitan antara stres dan kelainan kulit, khususnya stres dan jerawat. Entah bagaimana, sel yang memproduksi sebum, yang menyebabkan jerawat, produksinya menjadi tidak teratur saat seseorang mengalami banyak tekanan. Beberapa orang melepaskan diri dari situasi yang penuh tekanan dengan berjalan-jalan. Yang lainnya menuangkan stres mereka ke kanvas dengan melukis. Apa pun yang Anda lakukan untuk menekan stres, lakukan lebih dini dan sering melakukannya. Bisa juga dengan teknik meditasi.

Keramas
Keramaslah rambut Anda secara teratur pakai shampo. Minyak dari rambut Anda bisa menyebabkan jerawat. Selain itu, ganti sarung bantal Anda setiap minggu. Minyak yang pindah ke sarung bantal dari wajah dan rambut Anda cenderung kotor dan menjengkelkan dan harus dihindari. Jika Anda memiliki rambut yang lebih panjang, jauhkan dari wajah Anda.

Olahraga
Untuk penyakit selain kerusakan otot atau tulang, olahraga adalah obat mujarab. Olahraga adalah pilihan tepat untuk melancarkan sirkulasi darah Anda, dan apapun yang meningkatkan sirkulasi darah juga membantu menjaga kesehatan kulit dan penampilan Anda yang semarak. Beberapa hal yang perlu diingat saat berolahraga selalu pakai tabir surya jika berolahraga di luar ruangan. Pakailah tabir surya yang ringan dan tidak mengiritasi atau menyengat kulit Anda. Kemudian mandi atau bersihkan diri setelah berolahraga. Saat Anda berkeringat, pori-pori Anda bisa tersumbat dengan residu kotor yang tertinggal saat olahraga. Pastikan untuk mencuci tubuh Anda, dan terutama wajah Anda, setelah Anda berolahraga.

Minum obat
Cara ini telah terbukti mengurangi atau menghilangkan jerawat dengan berbagai cara. Bicaralah dengan dokter kulit Anda tentang obat mana yang paling efektif untuk Anda. Bagi wanita, kontrasepsi oral untuk pengendalian kelahiran terkadang digunakan untuk mengobati jerawat. Obat pengontrol kelahiran bisa mengatur hormon yang diproduksi oleh tubuh, mengurangi kejang. Antibiotik oral lainnya menyerang bakteri penyebab jerawat. Mereka dapat membantu mengurangi sejumlah jerawat, dan juga dalam melawan peradangan. Pasien biasanya diberi dosis lebih tinggi sebelumnya sebelum dipindahkan ke dosis yang lebih rendah.

Untuk kasus yang parah, isotretinoin, atau Accutane, tersedia melalui resep. Isotretinoin adalah turunan vitamin A yang menyusutkan kelenjar yang menghasilkan sebum. Tentu saja ada berbagai risiko dan efek samping yang harus Anda pahami sepenuhnya sebelum memulai perawatan.

Hindari juga produk susu karena adanya kandungan hormon dalam produk susu. Beberapa penelitian telah menghasilkan adanya hubungan antara mengkonsumsi susu dan jerawat. Jadi sebaiknya Anda mengurangi mengkonsumsi susu bagi siapa saja yang memiliki jerawat sampai habis.

Itulah yang bisa Saya sampaikan tentang cara cepat menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 hari semalam, tidak sampai 1 minggu yang Saya ambil infonya dari Wikihow. Nantikan pula artikel lainnya tentang cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami, permanen dan cepat dalam 3 hari tanpa efek samping.



Back To Top