How To

Situs Bebas




Ini, maksud situs bebas di sini apa ya ? Maksud Saya adalah bebas berselancar ke semua situs tanpa diblokade. Kita tahu bahwa ada beberapa situs yang memang sengaja diblokir oleh pemerintah. Namun dalam kondisi tertentu, kita terkadang memerlukan informasi dari situs tersebut. Artikel ini bukan mengajarkan menghack, gunakan info ini untuk kebutuhan positif dan jangan disalahgunakan untuk keperluan negatif.

Saya sendiri menggunakan berbagai macam aplikasi yang dimaksud, hanya untuk kebutuhan blogging yakni mengetahui iklan yang tayang di negara tertentu yang Saya target. Tujuannya agar Saya menulis artikel sesuai dengan iklan yang banyak tayang di negara bersangkutan. Jadi positif ya.

Memang benar bahwa internet dirancang buat Anda untuk mengakses segala informasi secara bebas dan terbuka. Mengapa ? Karena internet adalah milik orang-orang yang membuat dan menggunakannya.

Namun pemerintah di beberapa negara tidak mau hal seperti itu dan harus ada pembatasan. Mereka mengubah cara internet bekerja dan membatasi warganya untuk mengakses internet dengan sensor internet yang sangat ketat, termasuk di negara kita, Indonesia.

Pemerintah memblokir akses ke situs-situs tertentu yang dianggap merugikan kepentingan bangsa. Selain itu, di beberapa sekolah, universitas, atau kantor terkadang juga melakukan pembatasan dengan memblokir akses ke situs media sosial atau situs dewasa. Untuk hal ini Saya setuju banget, namun terkadang ada beberapa situs yang luar kategori tersebut, masih diblokir juga, dengan alasan merugikan pemerintah yang berkuasa, tanpa memperhatikan efeknya di masyarakat.

Untungnya ada banyak cara untuk mengakses situs yang diblokir. Dalam artikel ini, Saya akan membahas beberapa cara untuk mengakses situs yang diblokir sehingga bisa bebas diakses dari mana saja.

Menggunakan alamat IP
Situs yang diblokir biasanya diblokir hanya nama URL dari website yang bersangkutan. Namun dalam beberapa kasus ada kemungkinan kalau kita dapat mengakses menggunakan alamat IP situs tersebut. Menggunakan IP adalah cara sederhana untuk mengakses situs yang diblokir di wilayah Anda. Namun, jika situs web memiliki IP tersembunyi juga, itu tidak akan dapat diakses dengan metode ini.

Lalu bagaimana cara mengetahui alamat IP sebuah website ? Gampang sekali. Anda tinggal memasukkan command prompt (Start > Run > ketik: cmd > Enter) dan ketikkan : ping nama_situs.com lalu tekan enter. Maka alamat IP situs akan muncul.

Menggunakan VPN
Cara lain yang mudah untuk membuka situs yang diblokir agar bebas akses adalah dengan menggunakan layanan VPN. VPN ini memungkinkan Anda melewatkan lalu lintas internet melalui koneksi terenkripsi. Dengan demikian, Anda bisa berselancar di dunia maya dengan aman. Ada banyak layanan VPN yang dapat Anda pilih, misalnya Opera VPN yang bisa digunakan pada gadget Android dan iOS.

Untuk menghilangkan pemblokiran, VPN menggunakan alamat IP suatu negara yang bebas dari pemblokiran internet. Jadi jika Anda menggunakan VPN dengan alamat IP Amerika Serikat, misalnya, maka seolah-olah Anda mengakses internet di Amerika Serikat sehingga website yang diblokir di China misalnya, tetap bisa diakses oleh orang China.

Contoh aplikasi VPN yang banyak dipakai oleh pengguna andorid adalah Turbo VPN, Hotspot Shield, Hola Free VPN dan lainnya. Anda bisa cari di Playstore dan install saja sebab gratis. Jika menggunakan PC atau laptop, Anda bisa coba Psiphone, Super VPN dan lainnya.

Menggunakan Layanan DNS
Beberapa situs yang diblokir bisa bekerja melalui DNS. Dengan mengganti server DNS di komputer atau router Anda, kemungkinan besar Anda bisa memasuki jaringan yang besar. Jadi, ketika Anda membuka situs yang diblokir, server DNS akan mengarahkan lalu lintas melalui terowongan atau tunnel. Singkatnya, server jauh akan berpikir bahwa Anda mengaksesnya dari negara yang diizinkan membuka situs yang diblokir.

Menggunakan Google Chace
Anda dapat menggunakan cache Google untuk mengakses situs yang diblokir. Google memiliki algoritme yang membantu menyimpan situs chace yang memungkinkan Anda melihat data situs yang disimpan dalam cache setelah diblokir.

Langkah pertama adalah mengetik alamat situs yang ingin Anda lihat, dan kemudian klik tombol pencarian. Setelah mencari, Anda akan melihat hasilnya dengan panah menghadap ke bawah, klik panah bawah, dan kemudian klik cache untuk mendapatkan akses ke situs yang dibatasi untuk mengaksesnya.

Meskipun Anda dapat melihat salinan situs dengan bebas, trik ini memiliki banyak kekurangan. Diantaranya adalah bahwa kita tidak dapat mengklik tautan dari halaman karena merujuk ke halaman asli. Kerugian lainnya adalah terkadang salinan yang ditampilkan tidak sempurna dan banyak gambar yang tidak dimuat.

Menggunakan WayBack Machine
Archive.org adalah layanan menarik yang menyajikan perpustakaan digital. Ada jutaan e-book, musik, dan perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis. Selain berfungsi sebagai perpustakaan digital, ada satu lagi yang membuat situs Archive begitu populer, yaitu fitur yang disebut WayBack Machine (WBM).

WBM mengambil salinan dari setiap situs web di dunia. Namun, seperti namanya, penggunaan situs ini mirip dengan mesin waktu. Anda dapat melihat salinan halaman situs pada waktu yang berbeda. Misalnya, Anda dapat melihat seperti apa tampilan Facebook pada tahun 2008. Keuntungan lainnya, Anda dapat mengakses situs yang dibatasi melalui WBM.

Menggunakan Browser Opera
Browser Opera menjadi browser pertama yang menyediakan VPN built-in. Opera juga menyediakan opsi yang tepat untuk mengaktifkan atau menonaktifkan secara langsung dari bilah alamat Opera.

Selain dapat digunakan untuk mengakses situs yang dibatasi secara regional, VPN milik Opera diklaim dapat melindungi browser ketika menggunakan internet di WiFi publik. Penggunaan VPN juga dapat membuat akses ke sebuah situs lebih aman.

Menggunakan Google Translate
Jika Anda berpikir Google Translate hanya bisa menerjemahkan kata-kata yang Anda ketikkan, Anda salah. Tidak seperti penerjemah lain, selain digunakan untuk menerjemahkan kata, GT juga dapat menerjemahkan halaman situs secara keseluruhan.

Kabar baiknya adalah bahwa kita juga dapat menggunakan GT untuk membuka situs yang diblokir plus menerjemahkannya jika situs ini dalam bahasa asing. Caranya cukup mudah. Kunjungi situs Google Terjemahan. Sesampainya di situs, masukkan alamat situs yang diccari dan bahasa terjemahan yang diinginkan. Setelah langkah ini, klik tautan biru di kolom hasil terjemahan. Anda akan dialihkan ke halaman situs dengan bahasa terjemahan yang Anda pilih.

Melalukan Anonymous Surfing
Anonymous Surfing adalah aktivitas browsing internet yang lebih aman dan anonim menggunakan proxy. Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk mengakses situs web yang diblokir. Saat ini, ada banyak situs web yang menyediakan Anonymous Surfing. Beberapa yang paling populer adalah :
- http://www.hidemyass.com
- http://www.anonymizer.com
- http://www.wujie.net
- http://www.spysurfing.com
- http://surfshield.net

Coba gunakan salah satu layanan di atas untuk mengakses situs web yang diblokir. Triknya adalah memasukkan alamat situs ke bidang teks yang tersedia.

Menggunakan Tor Browser
Jika Anda menginginkan cara yang lebih sederhana, Anda dapat menggunakan Tor Browser. Tor Browser adalah browser untuk Windows dan MacOS. Tor hanyalah browser Mozilla Firefox yang dirancang ulang untuk menambahkan fitur proxy ke dalamnya.

Keunggulan Tor Browser dibandingkan dengan browser lain adalah bisa mencegah seseorang dari menyelidiki aktivitas online yang Anda lakukan di internet, mencegah situs web dikunjungi untuk melihat di mana Anda berada serta dapat membuka situs web yang diblokir.

Itulah cara mengakses situs dengan bebas akibat diblokir pihak tertentu. Gunakan cara ini hanya untuk hal positif. Saya tak bertanggungjawab dunia akhirat jika digunakan untuk tujuan negatif. Jika maksa, dosa dan penjara ditanggung masing-masing. Ilmu ini seperti pisau. Jika dipakai buat memotong-motong daging buat masak pasti bermanfaat, tapi kalau dipakai buat ngerampok, maka berdosa. Jadi kembali kepada individu msing-masing ya.

Sumber :
https://jalantikus.com/tips/cara-buka-situs-yang-diblokir/
https://bahasteknologi.com/cara-membuka-situs-yang-diblokir/



Tag : situs bebas
Back To Top