How To

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome PC




Pada kesempatan ini, Saya akan membahas tentang bagaimana cara membuka situs yang diblokir di google chrome pc sehingga jika Anda mengalami hal di atas, Anda dapat menanganinya dengan mudah. Mengapa Saya memilih Chrome, bukan browser yang lain?

Ini karena Chrome adalah produk dari Google. Dengan begitu, tentu saja Chrome telah terintegrasi dengan produk Google lainnya. Alasan lain mengapa memilih Chrome adalah karena perambah ini cukup ringan dengan tampilan yang menarik.

Nah, untuk membuka situs yang diblokir ini, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini. Pertama buka browser Google Chrome. Kalau nggak punya, ya unduh dulu perambannya. Setelah masuk ke chrome, maka Saya merekomendasikan untuk membuka situs yang diblokir di Chrome dengan menggunakan ekstensi Browsec. Mengapa ? Karena kecepatan browsingnya lebih baik daripada yang lain sehingga ekstensi ini menjamin kecepatan penjelajahan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berselancar streaming dengan cepat.

Untuk mengunduh Browsec, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mencarinya di Google. Misalnya dengan menggunakan kata pencarian "ekstensi browsec chrome". Maka akan ketemu dengan link seperti ini.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome

Silahkan klik saja yang paling awal dan nantinya Anda akan diarahkan ke halaman Browsec VPN.


Anda tinggal klik saja Add to Chrome untuk menambahkan ekstensi. Nanti ada konfirmasi, mau ditambahkan atau nggak. Karena kita niatnya mau pasang, ya sudah klik saja konfirmasi mau pasang. Kalau ternyata kita baru ingat kalau kita sudah pasang ekstensi tersebut, ya udah tinggal dibatalin saja.

Biarkan sejenak komputer bekerja sendiri untuk mendowload dan memasang esktensi tersebut. Bila selesai, nantinya kita akan diarahkan ke halaman pengaktifan. Nantinya kalau instalasi berhasil, akan ada logo Browsec di kanan atas. Logo warna abu-abu menandakan bahwa ekstensi itu belum aktif.

Untuk mengaktifkannya, Anda klik saja logo tersebut, nantinya akan muncul gambar :

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome


Klik saja  "Protect me" untuk meminjam IP yang disediakan oleh Browsec. Seketika logonya berubah menjadi hijau. Dan sekarang, Anda dapat mengakses situs yang sebelumnya tidak dapat dibuka karena telah diblokir. Untuk menonaktifkan Browsec, klik Turn Off, dan warna aplikasi tidak lagi hijau, tapi abu lagi.

Setelah Anda tahu ini, maka bijaklah dengan penggunaanya. Gunakanlah internet untuk hal yang positif. Saya sendiri menggunakan Browsec hanya untuk kepentingan blogging untuk mengetahui trend iklan yang muncul di sebuah negara.

Misalnya, Saya sedang menggarap sebuah tulisan bahasa Inggris tentang bisnis fashion dengan target pengunjung orang Eropa. Maka Saya akan lihat blog-blog Eropa dan lihat iklan yang tayang di sana. Misalnya Saya dapat banner sepeti ini :

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome PC

Otomatis nanti Saya akan buat blog khusus tentang jaket atau t-shirt dan semacamnya. Jadi jelas, Saya sendiri memakai Browsec untuk tujuan yang positif. Dari tutorial ini, Saya tidak bertanggung jawab dunia akhirat kalau kemudian ada yang memakainya untuk keperluan negatif. Pokoknya dosa ditanggung masingt-masing.

Selain memakai Browsec, sebetulnya ada ekstensi lain yang sejenis. Anda bisa cari sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan. Anda bisa ubek-ubek di pencarian ekstensi Chrome. Sebagai contoh, selain Browsec ada juga Unblox Proxy, Bisa uka Proxy, Smart VPN dan lain sebagainya.

Ada juga yang memakai website proxy pihak ke 3. Maksudnya Anda mengunjungi dulu sebuah situs web proxy, setelah itu Anda tinggal tulis alamat website yang diblokir di website proxy tersebut. Maka hasilnya website yang diblokir operator nggak diblokir atau bisa diakses.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Secara garis besar, ada beberapa cara membuka situs yang diblokir pemerintah atau operator tertentu yakni :

Indonesia adalah salah satu negara dengan peraturan internet paling ketat di dunia. Banyak daftar situs yang menjadi korban keganasan dari peraturan ini dan akhirnya tidak dapat diakses di Indonesia.

Menggunakan VPN
VPN atau kependekan dari Virtual Private Network adalah koneksi antara satu jaringan dan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan internet. VPN dapat membuat Anda mengakses situs yang diblokir.

Jika Anda menggunakan Android, caranya adalah mensettingnya. Coba masuk ke menu Pengaturan. Nanti pada Nirkabel & Jaringan, pilih Lainnya dalam hal ini VPN. Kemudian tekan ikon '+' di sudut kanan atas lalu isi kolom dengan data yang diminta.

Menggunakan Situs Web Proksi
Proksi adalah server yang memungkinkan Anda untuk terhubung dan 'keluar' dari jaringan Anda. Dengan menggunakan proxy ketika berselancar di dunia maya, IP Anda akan ditutup dan lalu lintas data dibaca sebagai lalu lintas dari server proxy.

Ada banyak jenis proksi untuk membuka situs yang diblokir, tetapi yang paling umum dan mudah digunakan adalah proxy berbasis web. Ada banyak situs yang bisa dipakai untuk itu, salah satunya adalah proxy.org. Setelah masuk ke situs, pilih salah satu situs proxy yang tersedia di website itu.

Atau masukkan alamat situs web yang ingin Anda kunjungi di kolom yang tersedia, dan web yang Anda inginkan segera bisa dibuka.

Mengubah URL menjadi IP
Situs web yang diblokir ternyata hanya diblokir URL-nya. Terkadang dengan menggunakan IP dari situs web  yang diblokir, bisa berhasil dibuka dalam beberapa kasus. Lalu bagaimana cara mengetahui alamat IP suatu situs web?

Cara membuka situs yang diblokir dengan IP adalah melalui Command Prompt di komputer Anda, dengan mengetik CMD di kolom pencarian. Jika sudah terbuka, ketik 'ping www.namawebsite.com' dan tekan Enter. Kemudian IP dari situs web yang bersangkutan akan muncul, lalu salin dan tempel ke browser..

Megubah Proxy Jaringan di Browser
Anda juga dapat mengatur proxy di browser Chrome Anda untuk mengakses situs yang diblokir. Triknya juga sangat mudah, buka Pengaturan di Chrome, lalu gulir ke bawah hingga Anda menemukan Advance atau Show advanced settings.

Kemudian cari Pengaturan proksi Terbuka dan sebuah jendela baru akan muncul yang berisi Properti Internet. Klik Koneksi, lalu pilih pengaturan LAN, periksa opsi 'Gunakan proxy .....' dan 'Bypass proxy ...'.

Kembali ke Chrome, buka freeproxylist.net untuk mengisi kolom Alamat dan Port di jendela Pengaturan LAN. Kemudian, cari salah satu proksi yang memiliki kualitas yang baik, salin dan tempelkan IP dan Port di Pengaturan LAN Windows.

Dengan Layanan DNS
Beberapa situs bekerja melalui DNS. Dengan mengganti server DNS di komputer atau router Anda, kemungkinan besar Anda memasuki jaringan besar. Jadi, ketika Anda membuka situs yang diblokir, server DNS akan mengarahkan lalu lintas melalui terowongan. Singkatnya, server jauh akan berpikir bahwa Anda mengaksesnya dari negara yang diizinkan membuka situs.

Menggunakan Google Cache
Anda dapat menggunakan cache Google untuk mengakses situs yang diblokir. Google memiliki algoritme yang membantu menyimpan situs tembolok yang memungkinkan Anda melihat data situs yang disimpan dalam cache, bahkan setelah diblokir.

Langkah pertama adalah mengetik alamat situs yang ingin Anda lihat, dan kemudian klik tombol pencarian. Setelah mencari, Anda akan melihat hasilnya dengan panah menghadap ke bawah, klik panah bawah, dan kemudian klik cache untuk mendapatkan akses ke situs yang dibatasi untuk mengakses.

Menggunakan Browser Opera
Browser Opera menjadi browser pertama yang menyediakan VPN built-in. Opera juga menyediakan opsi yang tepat untuk mengaktifkan atau menonaktifkan secara langsung dari bilah alamat Opera. Selain dapat digunakan untuk mengakses situs yang dibatasi secara regional, VPN diklaim dapat melindungi browser ketika menggunakan internet di WiFi publik. Penggunaan VPN juga dapat membuat akses ke situs lebih aman.


Demikian informasi tentang bagaimana cara membuka situs yang diblokit oleh browser Google Chrome dengan bantuan ekstensi dan trik lainnya. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dipakai untuk tujuan positif.

Sumber :
https://jalantikus.com/tips/cara-membuka-situs-yang-terblokir/



Back To Top