How To

Cara Membuat Parata Kentang




ALOO PARATHA merupakan salah satu menu sarapan paling populer di India, Nepal, dan Pakistan. Aloo berarti kentang dan paratha adalah roti. Aloo Paratha terbuat dari adonan tanpa ragi yang diisi dengan kentang tumbuk yang dibumbui yang di gulung dan dimasak di atas tawa panas dengan mentega atau ghee. Aloo Paratha biasanya disajikan dengan mentega, curd (plain yoghurt), atau pickle juga irisan bawang merah.

Makanan asli dari Punjab India ini adalah makanan di India yang terasa paling "normal" di lidah saya, dan akhirnya menjadi menu kesukaan. Oleh karena itu, saya benar-benar belajar dari warga India lokal bagaimana cara membuatnya, dan tentu saja dengan melihat banyak video, thanks to youtube!

Cara Membuat Parata Kentang


Cara Membuat Parata Kentang
Saya akan share alat, bahan, dan cara membuat Aloo Paratha. Oh ya, tentu saja yang saya share adalah yang sesuai cara saya yang sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia ini.

Alat
Alat yang diperlukan yang utama adalah roller dan tawa.

Roller bisa terbuat dari kayu ataupun marmer. Jika terpaksa maka gunakan botol kaca.


Ini adalah bentuk khas tawa India, lebih datar dengan sedikit cekung di tengah. Wajan anti lengket/ tevlon juga bisa digunakan sebagai pengganti.

Bahan Kulit
- 2 cup tepung gandum (100% wheat atta/tepung )
- 2 cup susu (bisa diganti air)
- 2 sendok minyak
- 2 sendok chilli powder (sesuai selera)
- 1 sendok bumbu masala (bisa diganti dengan campuran bubuk ketumbar dan bubuk kunyit)
- Garam secukupnya

Bahan Isian
- 4 buah kentang (rebus dan kupas)
- 2 biji bawang bombay (iris dadu kecil)
- 1 ruas kecil Jahe (tumbuk/parut halus)
- 1/4 sendok ketumbar bubuk
- 1 sendok irisan cabai hijau (sesuai selera)
- Daun Ketumbar sesuai selera (cacah halus), Jika tidak ada bisa diganti daun sledri
- Garam secukupnya

Bahan Tambahan
- Ghee atau mentega. Ghee adalah mentega India.
- Plain Yoghurt
- Pickle, bisa diganti sambal tomat Indonesia
- Irisan bawang merah
- Tepung gandum sedikit untuk taburan saat dipulung

Cara Buat Kulit
Tambahkan chilli powder, masala, dan garam pada tepung gandum, aduk rata. Tambahkan minyak. Tuang susu/air sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan, gunakan susu/air secukupnya hingga diperoleh adonan yang kalis. Diamkan adonan minimal setengah jam agar gluten mengembang

Cara Buat Isian
Remas kentang rebus. Tambahkan semua bahan isian dan campur hingga merata.

Cara Buat Aloo Paratha
Ambil adonan kulit sebesar telur, bulatkan lalu gulung-gulung di tepung gandum. Pulung adonan kulit dengan roller sehingga selebar telapak tangan (masih tebal). Masukkan bahan isian ke dalam adonan kulit.

Letakkan adonan kulit di telapak tangan cekung di tengah, masukkan tiga sendok penuh bahan isian lalu perlahan bulatkan hingga terbentuk bola dengan isian di dalam kulit. Pencet/cubit bagian pertemuan kulit rapat-rapat dan pastikan letaknya di tengah agar tidak terbuka saat di rolling.

Gepengkan bola adonan dengan tangan, lalu letakkan/taburi dengan tepung gandum agar tidak lengket. Perlahan pulung dengan rolling sehingga bulat dan tipis. Jangan terlalu keras menekan saat rolling. Jangan lupa di balik atau taburi tepung gandum bila ada bagian yang lengket/terbuka.

Letakkan sedikit ghee/mentega pada tawa, biarkan panas, gunakan api sedang. Letakkan aloo paratha yang sudah di rolling tipis di atas tawa, jangan lupa di balik. Bila sudah setengah matang oleskan ghee/mentega pada kedua permukaan, bolak balik hingga matang. Hidangkan Aloo Paratha panas-panas dengan mentega/yoghurt/pickle/irisan bawang merah sesuai selera.

Resep lainnnya yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut :

Cara Membuat Parata Kentang


Bahan-Bahan Adonan Roti Gandum:
- 2 mangkuk takar tepung gandum
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh minyak
- air (secukupnya)
- minyak (untuk memasak)

 Bahan-Bahan Kari Kentang:
- 1 buah kentang besar
- 1 buah cabai hijau (diiris kecil-kecil)
- 1/2 sendok teh karambol
- 1/4 sendok teh bubuk garam masala
- 1/4 sendok teh bubuk cabai merah
- 1 sendok makan biji-biji buah delima
- 1/2 sendok teh bubuk chaat masala
- garam

Cara Membuat:
Campurkan tepung gandum dengan garam dan minyak. Tambahkan air secukupnya dan aduk adonan roti dengan tangan Anda sampai tercampur dengan rata dan adonan terlihat halus. Tutup adonan roti dengan kain agar ukuran adonan dapat mengembang dengan sempurna, selama 15-20 menit.

Ketika menunggu, rebus kentang sampai lembut. Setelah kentang matang dan lembut, kupas kulitnya dan lenyehkan. Masak biji buah delima selama 1 menit. Kemudian angkat dan tumbuk. Campurkan biji buah delima, garam masala, bubuk cabai merah, chaat masala, cabai hijau dan garam ke dalam kentang yang sudah di lenyehkan (mash potato)

Aduk merata. Sesekali cicipi adonan tersebut untuk menentukan bahan apa yang perlu ditambahkan lagi. Di atas meja yang bersih, gulung adonan roti Anda. Ketika adonan roti terlihat hampir setipis kertas, dan bentuk menjadi bulatan-bulatan besar.

Tungkan 1 sendok makan adonan kentang tadi ke atas adonan roti. Kemudian balut dengan gulungan adonan roti yang lain. Sekarang, Anda dapat menggoreng adonan roti yang sudah berisi kari kentang tadi di dalam sebuah panci.

Goreng sampai roti berubah warna menjadi cokelat keemasan pada kedua bagian dan berubah menjadi renyah. Angkat dari panci dan hidangkan.

Demikianlah cara membuat parata kentang rumahan asli india dan sausnya/sambalnya yang simple dengan 3 bahan utama.

Sumber :
https://www.herworld.co.id/article/2016/12/5529-Cara-Membuat-Aloo-Paratha-Vegetarian



Tag : Cara Membuat
Back To Top