Cara Membuat Email di HP




Cara Membuat Email di HP - Perkembangan teknologi saat ini secara tidak langsung memaksa pengguna untuk memahami apa itu email. Di era teknologi ini, akun email sekarang sama pentingnya dengan KTP atau paspor. Khusus untuk pengguna Android, hampir tidak mungkin untuk menikmati semua fitur-fiturnya tanpa akun email.

Jadi email juga menjadi kebutuhan dasar jika Anda menggunakan perangkat pintar (smartphone).  Karena itu, Saya akan mengajari Anda cara membuat email di hp atau ponsel cerdas Anda sehingga Anda dapat mendaftarkan akun email tanpa perlu memakai komputer atau laptop.

Namun bagi Anda yang masih buta teknologi dan hanya memiliki smartphone Android, membuat email menjadi cukup sulit. Sekarang, untuk memudahkan Anda membuat email, Saya sekarang punya solusi. Anda tidak perlu lagi membuat akun email menggunakan PC, tetapi sekarang Anda dapat menggunakan ponsel pintar Android Anda.

Definisi Email

Email telah menjadi kebutuhan dasar dalam hampir semua aspek kehidupan. Dari mendaftarkan akun media sosial, layanan yang memiliki fitur pada HP hingga mendaftar ke organisasi atau pekerjaan, semua memerlukan email. Tanpa email, Anda tidak dapat mengakses fasilitas atau fitur yang ditawarkan oleh layanan internet.

Electronic Mail atau "Email" itu sendiri adalah layanan pesan online yang dapat digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh yang dikirim melalui internet. Selain mengirim pesan dalam bentuk teks, Anda juga dapat mengirim lampiran dalam bentuk foto, surat atau dokumen ke video panjang hanya dengan memasukkan tautan ke layanan penyimpanan dokumen. Salah satu layanan terbaru yang saat ini digunakan oleh mayoritas pengguna email adalah Google.

Tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencari dan menyediakan layanan pesan online, Google juga memudahkan pengguna saat menambahkan lampiran ke email melalui Google Drive. Selain itu, pengguna juga semakin dimudahkan oleh kehadiran fitur-fitur lain, seperti panggilan video melalui Google Duo atau Google Hangouts, terjemahan melalui Google Translate, arahan menggunakan Google Maps, bahkan untuk mengatur kalender, kontak, dan akses ke media hiburan seperti video, musik atau buku. Karenanya, dalam panduan tentang cara membuat email pada HP dalam artikel ini, kami akan menggunakan Google Mail alias "Gmail."

Ketika Gmail pertama kali diperkenalkan, pengembangannya dibatasi, dengan memungkinkan pengguna mengundang teman-teman mereka untuk membuat akun Gmail. Ini terjadi agar Gmail dapat mempertahankan reputasi elitnya dan membatasi pertumbuhan. Sistem undangan terbatas secara resmi berakhir pada 14 Februari 2007. Seketika Gmail menjadi salah satu layanan email paling populer.

Tidak seperti para pesaingnya, Gmail tidak mengiklankan pesan atau menambahkan apa pun ke surat Anda. Iklan tersebut dibuat oleh komputer, tidak dengan sengaja ditempatkan oleh Gmail. Bahkan tidak ada iklan jika Anda membuka Gmail di ponsel Anda.

Manfaat Menggunakan Akun Gmail

Sekarang sebelum kita masuk ke cara membuat email dan mendaftar ke akun Gmail, berikut adalah beberapa manfaat menggunakan akun Gmail.

Penyaringan spam
Memang sebagian besar layanan email menawarkan semacam penyaringan sekarang, dan penyaringan spam Google sangat efektif. Gmail mencoba memfilter upaya untuk spam, virus, dan iklan phishing, tetapi tidak memfilter yang 100 persen efektif.

Gabung dengan Google Hangouts
Desktop Gmail menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga Anda dapat mengetahui siapa kontak email Anda yang menggunakan hangouts. Hangouts adalah aplikasi messenger yang memiliki keuntungan dapat melakukan panggilan video dengan banyak orang.

Akses offline
Anda dapat mengakses Gmail offline di komputer Anda meskipun Anda tidak terhubung ke internet. Caranya adalah dengan menginstal ekstensi offline chrome Gmail di browser web Anda.

Cara Membuat Akun Gmail Baru di Komputer

Mengapa membuat akun Gmail?
- Gratis
- Dapatkan penyimpanan data online gratis
- Komunikasi jarak jauh lebih mudah dan lebih hemat biaya
- Pencadangan dan pemulihan data yang mudah
- Data dapat diakses di mana saja dan kapan saja menggunakan koneksi internet
- Mengelola riwayat data, acara, dan kontak jauh lebih mudah

Berikut ini cara membuat akun Gmail di komputer Anda.
- Masukkan alamat www.gmail.com di browser web Anda.
- Klik buat akun, kotak akan terbuka.
- Isi data Anda sepenuhnya. Di bidang setelah nama, Anda dapat memilih nama untuk nama pengguna atu username.
- Jika ternyata ada tertulis bahwa nama pengguna sudah diambil, coba yang lain. Itu pertanda bahwa orang lain telah menggunakan nama pengguna yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan angka.
- Isi semua bidang yang belum diisi dengan data yang benar.
- Klik Langkah Berikutnya, sebuah perjanjian akan muncul, atau kotak persyaratan, klik pada Saya Setuju.
- Anda sudah memiliki akun Gmail sekarang.

Cara Membuat Email di HP

Beberapa hal yang Anda butuhkan sebelum mempelajari cara membuat email melalui ponsel adalah ponsel, koneksi internet, nama yang ingin Anda gunakan, dan kata sandi yang rumit. Karena email adalah elemen penting untuk banyak hal, buat kata sandi yang menggunakan huruf besar, angka, dan simbol sehingga akun email Anda aman dari peretas.

Berikut cara membuat akun Gmail melalui platform seluler seperti ponsel dan tablet.
Buka aplikasi Gmail. Kemudian klik simbol plus untuk menambahkan akun email baru. Pilih Google seperti yang ditunjukkan.

Cara Membuat Email di HP

Pilih nama depan dan nama belakang Anda sesuai keinginan.

Isi informasi dasar yang diperlukan, seperti tanggal lahir dan jenis kelamin.

Buat nama pengguna yang akan berguna sebagai alamat email.

Buat kata sandi yang kuat, lalu klik Berikutnya.

Tambahkan nomor telepon untuk meningkatkan keamanan akun email Anda, Anda dapat menambahkan nomor telepon di lain waktu melalui menu pengaturan.



Gulir ke bawah lalu klik "Yes, I'm in."



Lakukan tinjauan terlebih dahulu karena Anda tidak dapat mengubah nama pengguna email Anda setelah email siap. Setelah selesai, klik "Next." Terus klik "I agree" pada halaman Privasi dan Ketentuan.

Anda dapat membacanya terlebih dahulu jika Anda tidak keberatan. Selesai! Perbarui halaman kotak masuk Anda sampai Anda menemukan email pengantar dari Tim Komunitas Google.

Setelah selesai mempelajari cara membuat email di ponsel Anda, gunakan email Anda sebaik mungkin. Mengingat nama email dengan akhiran Gmail semakin sulit diperoleh, jangan sampai Anda lupa kata sandi email Anda.

Selain Gmail, sebenarnya ada banyak layanan email lainnya. Tetapi email yang harus dimiliki pengguna ponsel cerdas Android adalah Gmail. Karena akun gmail digunakan untuk masuk ke Play Store dan berbagai aplikasi Google lainnya yang biasanya telah diinstal secara otomatis di ponsel Android. Jadi sobat harus memiliki layanan email Google agar dapat mengoperasikan berbagai fitur yang tersedia di smartphone Android.


Cara Menghapus Email

Sebaliknya, jika Anda memutuskan untuk menonaktifkan akun email Anda dan ingin tahu cara menghapus email, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ambil. Tetapi sebelum menerapkan langkah-langkah ini, pastikan Anda yakin dengan keputusan Anda untuk menghapus email, karena, data dalam bentuk email, lampiran, kontak, dll. Yang disimpan dalam email Anda secara otomatis akan dihapus dengan nama email tersebut.

Jika Anda yakin, ikuti langkah-langkah ini:

Melalui ponsel
Buka aplikasi Gmail dan klik menu di kiri atas.

Gulir ke bawah lalu klik Pengaturan.


Klik "Kelola Akun Google Anda" pada menu Akun.


Pilih "Data & Personalisasi" lalu gulir hingga Anda menemukan kolom "Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda" lalu pilih "Hapus layanan atau akun Anda."


Klik pada kata-kata "Hapus akun Anda."


Ketikkan kata sandi email Anda untuk yang terakhir kalinya, lalu klik Berikutnya.


Demi informasi, baca kembali informasi yang diberikan sebelum Anda melanjutkan. Setelah selesai, periksa dua perjanjian di bagian bawah halaman, lalu klik "Hapus Akun."


Melalui komputer
Kunjungi https://myaccount.google.com/. Klik "Personalisasi Data."


Gulir ke bawah untuk menemukan kolom "Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda", lalu pilih "Hapus layanan atau akun Anda."


Pilih "Hapus Akun Google Anda."


Ketikkan kata sandi email Anda untuk yang terakhir kalinya, lalu klik Berikutnya.


Baca informasi penghapusan yang ingin Anda jalankan, setelah selesai, centang dua kotak persetujuan di bawah ini, lalu klik "Hapus Akun."


Selesai! Sekarang data Anda telah dihapus dari Google.

Demikianlah cara membuat akun email dan password secara cepat dari hp oppo dan lainnya langsung jadi serta cara membuat email di browser

Sumber :
https://www.liputan6.com/tekno/read/3583158/cara-buat-email-dan-daftar-akun-gmail-lewat-hp-android
https://www.dewaweb.com/blog/cara-membuat-email-di-hp/



Back To Top