Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula




Banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang bisa Anda coba di rumah dan terbukti menghasilkan. Cara ini tentu saja bisa dilakukan siapa pun termasuk para pekerja kantoran sehingga bisa dijadikan bisning sampingan.

Bahkan banyak para pekerja kantoran yang asalnya harus bekerja 5 sampai 9 jam sehari dengan gaji yang monoton, akhirnya resign dari perusahaan tempatnya bekerja dan lebih memilih bekerja di rumah lewat internet karena penghasilannya bisa berkali lipat dibanding gaji kantoran.

Kali ini Saya akan ngasih beberapa alternatif, pekerjaan apa saja yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan tetap dengan bantuan internet. Cukup bermodalkan laptop bahkan smartphone dan akses internet, Anda bisa nyoba bagaimana mendapatkan uang dari internet.

Menjadi Blogger
Menjadi penulis blog merupakan salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Pekerjaan ini cocok sekali bagi mereka yang hobi menulis, entah menulis artikel non fiksi atau cerita.

Cukup melakukan sedikit riset dari judul yang mau Anda tulis, mengolesnya sedikit dengan SEO, mengumpulkan bahan dan mulai menulis, maka artikel di blog pun sudah jadi. Buat para pemula atau yang masih belum punya modal, awali saja memulai membuat tulisan di blogspot.com.

Tulislah tema yang sesuai dengan minat Sobat atau sesuai dengan apa yang dikerjakan Sobat saat ini.  Jika Sobat saat ini berkecimpung dalam duni peternakan ayam, silahkan buat tulisan yang berhubungan dengan beternak ayam.

Satu judul tulisan hendaknya dibuat secara mendalam dan panjang. Kalau bisa satu judul artikel minimal 2000 kata. Mengapa ? Karena Google sangat menyukai konten yang panjang, bagus dan bermanfaat buat pembaca.

Lengkapi artikel dengan gambar yang sesuai dan juga video yang berhubungan. Jika Sobat belum punya video, bisa dengan menyematkan video Youtube orang lain terlebih dahulu. Lambat laun nanti setelah kita punya video, bisa diganti dengan video kita sendiri. Kalau mau, lengkapi pula dengan grafik atau data-data yang sifatnya tak bisa dicopas orang seperti file pdf, podcast dan lainnya sebagai pelengkap.

Fokuslah selama 3 bulan pertama menulis konten. Jika dalam waktu sehari setidaknya kita bisa menulis 1 judul artikel yang mendetail, maka dalam waktu 3 bulan kita sudah mendapatkan 90 artikel.

Jangan lupa di awal-awal kita membuat blog, segera daftarkan di Webmaster Google untuk mempercepat indeks artikel sehingga bisa segera ditemukan oleh mesin pencari dan segera juga bisa tampil di 100 Google.

Jadi begitu kita nulis satu artikel, Anda harus sabar menunggu proses yang Google lakukan yakni mengindeks dan merangking artikel Sobat mulai dari top 1000, top 100 dan akhirnya top 10. Berdasarkan pengalaman pribadi, artikel baru original tanpa backlink dari manapun, biasanya bisa keindeks setelah 2 mingguan.

Setelah 2 mingguan, akan segera terlihat di webmaster, ada berapa volume tayang dan berapa orang yang mengunjungi artikel kita. Itulah mengapa di awal kita mesti mendaftarkan website di Webmaster guna mengetahui berbagai macam kata kunci, yang nantinya bisa dipilih mana yang layak dioptimasi secara SEO untuk mendongkrak banyak pengunjung, entah itu dengan cara pasang link internal atau pasang backlink dari blog lain.

Sobat pemula nggak usah bingung dengan istilah-istilah SEO di atas, tapi cukup Sobat fokus saja menulis apa yang mau ditulis. Masalah SEO bisa nyusul atau bisa meluangkan waktu untuk belajar SEO lewat Youtube atau Google. Nggak harus sekaligus, cukup sehari satu artikel atau satu video dan langsung diterapkan pada artikel yang akan ditulis.

Lalu darimana blogger mendapatkan uang ? Banyak cara untuk mendapatkan uang lewat blog. Bisa pasang iklan, bisa jualan, bisa review produk dan lain-lain. Cara paling mudah dan tidak ribet menurut Saya adalah bergabung dengan Google Adsense untuk menjadi penayang iklan.

Untuk bergabung, syarat utama dari blogspot yang kita miliki agar cepat diterima menjadi mitra Google adalah :
  • Blognya fokus satu tema, misalnya fokus menulis tentang obat herbal
  • Tema blog yang diusung harus tema yang banyak pemasang iklannya. Caranya cek di Google, misalnya kata kunci “obat herbal asam urat”, apakah ada banyak pemasang iklan atau tidak. Jika tidak, ganti dengan tema lain, jika banyak maka kata kunci itu layak dijadikan judul blog.
  • Blognya sudah mendapat kunjungan atau trafik yang berasal dari Google, Yahoo, Bing dan sebangsanya. Kunjungan paling tidak 100 sehari dengan artikel paling tidak 100 postingan.
  • Navigasinya bagus dan tidak lupa harus ada laman Kontak, Disclaimer dan sebangsanya.
  • Template yang digunakan harus responsive, ramah SEO dan cepat loadingnya.

Berdasarkan pengalaman pribadi, Saya pernah daftar adsense dan ditolak. Saat itu Saya tidak tahu point-point di atas. Saat itu Saya mendaftarkan blog religi, jadi memang menurut syarat point di atas sudah benar karena temanya spesifik. Namun alhasil blog Saya itu ditolak dengan berbagai alasan pihak Google yang sebetulnya alasannya bukan itu.

Setelah Saya analisis dan mencari di forum-forum, ternyata kuncinya adalah blog harus yang temanya ramai pemasang iklan. Cukup masuk akal juga, sebab jika tema blognya banyak yang pasang iklan, otomatis akan banyak iklan yang tayang di blog kita.

Semisal, jika blog kita khusus membahas penyakit asam urat, maka iklan yang tayang adalah obat asam urat. Karena pembaca sedang mencari solusi penyakit asam urat dan iklan yang tayang juga obat asam urat, maka kemungkinan iklan itu dilihat oleh pembaca akan besar, sehingga ini berpotensi untung bagi Google dan penayang iklan karena iklannya dilihat. Untung juga bagi pengiklan karena kemungkinan produknya dibeli.

Akhirnya Saya ajukan lagi dengan menggunakan blog baru dengan tema kesehatan. Dan alhamdulillah, tidak sampai menunggu seminggu, permohonan pun diterima. Mudah-mudahan abadi tidak kena baned.

Selain menjadi penayang adsense, Sobat juga bisa menjadi penayang iklan selain Adsense. Namun sebaiknya Sobat tidak menggunakan blogspot untuk menayangkan iklan non adsense. Lebih baik bikn website berbayar dengan membeli domain dan hosting. Namun hal ini tidak akan Saya bahas, sebab sudah bukan lagi artikel untuk pemula, tapi untuk tingkat advance.

cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

(Sumber :https://kelasandroid.com/)

Jualan online dengan affiliasi
Selain adsense di blogspot, blogspot juga bisa Anda pakai buat menebar link affiliasi atau bahkan jualan barang.  Affiliasi itu semacam calo, jadi Sobat menawaran barang lewat blog dan jika ada yang beli, kita bisa mendapatkan komisi.

Blog yang kita tulis juga harus satu tema. Misalnya kalau kita mau jualan jam tangan, maka artikel kita harus melulu membahas jam tangan. Selain lewat blog, jika Sobat punya akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Line, Youtube, Whatsap dan lainnya, maka bia dipakai untuk menebar link.

Tentu saja tidak asal menebar link di status. Anda harus bikin tulisan atau status yang bermanfaat dan menjadi solusi. Selain itu, ada baiknya tidak memakai akun media sosial personal, tapi harus yang spesifik. Misal bikin fanspage atau group tentang solusi asam urat.

Anda bikin status soft selling dahulu lalu diposting ke group. Setelah para follower koment dan penasaran dengan apa yang Anda tulis, barulah melakukan hard selling. Jadi tidak langsung asal menebar link ya Sob, sebab yang kayak gitu itu nggak disukai. Mereka gabung ke group untuk nyari solusi bukan dicekoki produk.

Jualan online lewat droship
Selain affiliasi, kita bisa juga ikutan dropship. Dropship itu, kita yang nawarin barang suplayer ke pembaca blog. Jika pembaca tertarik ingin beli, mereka akan langsung kontak kita, bukan kontak suplayer. Jika sudah deal dengan harga yang kita tawarkan dan pembeli sudah transfer ke rekening kita, giliran kita beli ke suplayer.

Tugas suplayer adalah packing barang dan ngirim produk ke alamat konsumen kita bukan alamat kita ya. Jadi dropship itu sebetulnya sales juga dan modalnya cuman promosi, nggak usah banyak modal. Hanya saja jadi dropshipper itu harus sama respeknya dengan penjual atau pemilik barang. Harus selalu siap dihubungi, dichatting, disms dan ditelepon.

Saya sendiri pernah menjadi dropshipper antar marketplace, namun karena belum bisa fokus menangani konsumen, karena pekerjaan ofline, akhirnya toko online Saya terbengkalai padahal sudah laku 15 produk. Jadi memang salah satu kunci sukses mendapatkan uang dari internet itu adalah harus fokus pada satu bidang dulu.

Berbeda dengan affiliasi, tugasnya hanya menyebar link saja tanpa pusing dengan kontak pelanggan sebab semuanya diurus sama pemilik produk. Hanya saja umumnya komisi affiliasi produk non digital lebih kecil dari keuntungan dropshipper, sebab dropshipper bebas mau ngambil laba berapa.

Contoh toko online Indonesia yang sudah menawarkan affiliasi adalah Lazada, Bukalapak, Blibli dan lainnya. Sementara jika mau jadi dropshipper, Anda bisa cari suplier di Tokopedia, Bukalapak atau Shopee yang bersedia bekerja sama dengan dropshipper.

Menjadi freelancer
Jika Anda suka menggunakan media sosial, jangan kehilangan informasi untuk memiliki akun media sosial yang dapat membantu Anda membangun hubungan atau profil profesional. Akun medsos itu akan membantu mempromosikan kapabilitas Anda yang secara tidak langsung membantu dalam mengembangkan sayap di dunia yang lebih luas.

Tidak sulit untuk membuat seseorang tertarik merekrut Anda sebagai freelancer yang dapat melakukan pekerjaan di rumah Anda sendiri hanya dengan smartphone. Jika Anda benar-benar memiliki kemampuan dan yakin bisa menjadi freelance, maka Anda bisa menjadi seorang penulis misalnya.

Anda dapat menjadi kontributor penulis yang mendistribusikan artikel untuk dijual atau bahkan menjadi penulis bayaran oleh kontributor artikel dengan tema dan kata kunci yang ditentukan.

Menjual foto
Jika kebetulan Anda memiliki keahlian di bidang fotografi yang cukup mumpuni dan punya smartphone dengan kamera resolusi tinggi, maka wajib untuk mencoba bergabung di Foto Stok. Dengan kemampuan dan modal ponsel cerdas Anda, Anda dapat menjual stok foto.

Apakah itu stok foto? Itulah cara mendapatkan uang dari internet dengan cara yang cukup mudah dan hasil yang menjanjikan. Cobalah lebih rajin melakukan perburuan foto baik di alam maupun lingkungan di sekitar tempat tinggal Anda yang kemudian diunggah di situs atau penyedia layanan stok foto.

 Jika foto Anda keren dan menarik, maka bukan tidak mungkin ada pihak yang mau menggunakan foto itu untuk kepentingan bisnis seseorang, yang tentu saja mereka berkewajiban untuk membayar hak cipta.

Menjadi YouTuber
Jika Anda mendengar kata YouTuber, tentu saja Anda akan mengingat Atta Halilintar, Ria Richis, dan beberapa YouTuber lainnya. Youtube adalah salah satu media berbagi video yang saat ini digarap oleh banyak orang di dunia. Selain berbagi video, situs web yang satu ini dapat menghasilkan uang dari mengunggah video di Youtube.

Uang yang diperoleh dari Youtube berasal dari iklan yang terdapat dalam video. Sobat yang sering mengakses YouTube tentu akan menemukan iklan ketika menonton beberapa video di Youtube. Itu karena saluran yang ditonton sedang mencari uang dari iklan yang ada dari video YouTube yang diunggah, persis sama dengan blog.

Untuk cara menghasilkan uang dari internet dengan mengunggah video di Youtube, Sobat harus memikirkan konten apa yang ingin unggah ke Youtube. Akan lebih baik jika dalam satu saluran yang dimiliki hanya membahas satu topik. Ini tidak akan membuat pelanggan cepat bosan dengan konten yang bervariasi.

Namun, jika Sobat ingin memaksa dengan konten yang bervariasi, Sobat dapat membuat dua saluran. Misalnya, saluran A dapat mendiskusikan topik berita terhangat  dan topik penyakit asam urat untuk saluran B. Selain itu, ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi untuk membuat konten di Youtube dan menghasilkan uang dari Youtube.

Sobat harus memiliki 1.000 pelanggan dan 4000 waktu menonton terlebih dahulu. Untuk menyiasati waktu tontona, Sobat dapat membuat konten dengan durasi yang cukup lama. Mengunggah beberapa konten per minggu dengan durasi 10 menit dapat dilakukan oleh Sobat untuk mencari waktu tontonan dan pelanggan.

Selain itu, beberapa tools atau alat untuk membuat konten juga dibutuhkan oleh Sobat. Alat untuk membuat konten dalam bentuk kamera digital atau kamera dari ponsel dapat digunakan untuk membuat konten di Youtube. Selain itu, Sobat juga membutuhkan komputer untuk mengedit video. Bagi yang tidak memiliki komputer atau laptop juga dapat mengedit melalui ponsel.

Jasa desain grafis
Desain grafis adalah salah satu bidang yang dapat mendatangkan uang saat ini. Hal ini dipelopori oleh 99design yang siapa pun dapat bergabung ke situs tersebut untuk bersaing dalam desain grafis. Tentu saja para pemenang dalam kompetisi akan mendapatkan uang.

Banyak orang yang memiliki bakat dalam desain grafis dan terjun ke beberapa situs web seperti 99design dan sejenisnya untuk menghasilkan uang. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi pemula yang mencari cara untuk mendapatkan uang dari internet. Sama seperti menulis artikel, maka Sobat yang suka mendesain pun dapat menyalurkan hobi mereka.

Mengerjakan desain grafis dan mengunggahnya ke internet tidak mudah dan ada sejumlah alat yang dimiliki Sobat. Pertama, Sobat tentunya harus memiliki komputer atau laptop yang mampu mendesain grafis. Komputer atau laptop harus memiliki spesifikasi tinggi sehingga tidak ada gangguan saat membuat desain.

Untuk yang kedua, Sobat harus menguasai aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain grafis. Software yang banyak dipakai pendesain untuk membuat desain grafis ialah Corel Draw. Sobat setidaknya harus menguasai dasar-dasar aplikasi dan sisanya dapat belajar sendiri dari internet.

Jika kedua persyaratan ini ada, Sobat hanya perlu mendaftar di situs web desain dan sejenisnya. Ketenaran desain membuat banyak situs web serupa yang memungkinkan orang mengunggah desain grafis. Sobat cukup mendaftar ke situs tersebut dan mencari orang yang membuka kiriman.

Kiriman yang dimaksud di sini adalah kiriman tentang desain grafis yang dapat diikuti oleh banyak orang yang tergabung dalam 99 desain. Ada banyak kiriman atau kompetisi yang dapat diikuti oleh Sobat. Jika Anda beruntung, Sobat dapat memperoleh uang dengan memasukkan desain grafis di situs web.



Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula bahkan bisa tanpa modal. Jadi daripada main game online yang tak jelas yang ngabisin uang, mendingan main internet dapat uang, salah satunya bergabung pada situs menghasilkan uang lewat internet semacam website freelancer dan main dropship yang akhir-akhir ini cukup populer menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet langsung ke rekening bank tanpa modal.

Sumber :
https://www.romadecade.org/cara-mendapatkan-uang-dari-internet/
https://mebiso.com/5-cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula-yang-terbukti-menghasilkan/
https://kelasandroid.com/cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula/ (Gambar)



Back To Top