Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Paypal




Pertanyaan yang muncul dari pebisnis online yang tak punya akun Paypal adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa Paypal. Paypal adalah dompet digital terbesar dan paling tepercaya di dunia.

Dengan Paypal kita dapat bertransaksi di beberapa situs jual beli global baik sebagai penjual maupun pembeli. Paypal juga bisa menjadi perantara dalam menghasilkan uang dari internet, misalnya melalui Ebay atau situs lain yang mendukung pembayaran melalui Paypal.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki Paypal, karena kesulitan dalam membuat akun Paypal dan memverifikasinya. Maka timbullah pertanyaan di atas dari sebagian pebisnis online yang mau berbisnis online tapi tak punya rekening Paypal.

Saat ini, menghasilkan uang melalui internet dapat dilakukan tanpa harus memiliki Paypal. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, di mana 'ketergantungan' pada Paypal sangat besar. Di era ini, kita dapat menghasilkan uang melalui situs lokal Indonesia.

Atau bisa juga melalui situs dunia, yang 'melebarkan sayapnya' ke Indonesia. Jadi, kita tidak perlu memiliki Paypal untuk 'mengeruk' uang dari internet. Nah sekarang, bagaimana Sobat bisa mendapatkan uang dari internet tanpa Paypal? Berikut ini adal beberapa cara yang dapat Anda coba.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Paypal

Jual online dengan pangsa pasar lokal
Seperti dijelaskan di atas, menghasilkan uang melalui internet pada 'skala lokal' tidak harus memiliki Paypal. Cara pertama ialah dengan melakukan penjualan secara online namun dengan target konsumen hanya pasar lokal Indonesia. Secara umum, kalau antar orang Indonesia lebih enak memaka cara transfer bank atau COD-an. Jadi, Anda tidak perlu lelah membuat Paypal.

Untuk berjualan online sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti jenis barang yang dijual, stok barang sendiri atau dari suplayer, metode penjualan apakah melalui toko online sendiri, melalui blog, melalui pasar online, atau melalui media sosial dan metode promosi mau gratis atau berbayar.

Ikut freelance online di situs lokal
Freelance online berarti pekerjaan sampingan online. Pekerjaan Anda adalah melakukan pekerjaan dari klien sampai selesai, setelah itu Anda dibayar. Umumnya, Sobat mesti bisa mempromosikan keahlian atau skill Sobat di situs marketplace freelance, kayak Upwork contohnya.

Sayangnya, Upwork adalah situs berskala internasional, dan mengharuskan Anda untuk memiliki Paypal untuk transfer pembayaran. Jadi, bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki Paypal? Jawabannya, dengan menjadi freelance online di situs lokal.

Jika Anda tertarik, silakan daftarkan diri Anda sebagai pekerja lepas di Projects.co.id, Sribulancer.com, Freelancer.co.id, Serba50ribu.com dan Sribu.com.

Layanan online
Jika freelance online mengharuskan Anda mendaftar di pasar freelance, untuk freelance ini Anda bekerja 'secara mandiri'. Ketahui keahlian Anda yang bisa dijual online, lalu jual layanan Anda tanpa melalui perantara alias jual langsung ke konsumen.

Anda dapat menjual layanan Anda secara online melalui blog pribadi, situs yang menjual layanan online Anda sendiri, media sosial kayak Facebook, Instagram, Twitter, dan lewat obrolan media seperti BBM, WA, Line, dll.

Bisnis afiliasi
Adakah yang tahu tentang bisnis afiliasi? Bisnis afiliasi berarti mempromosikan produk orang lain, dan Anda akan mendapat komisi. Pekerjaan Anda hanya menyebarkan tautan afiliasi, yang berisi tautan pelacakan untuk melacak statistik afiliasi Anda.

Jika pengguna internet mengklik tautan afiliasi Anda, mereka akan diarahkan ke situs web pemilik produk. Jika produk terjual , maka Anda akan mendapat komisi. Situs penyedia afiliasi yang tidak mengharuskan Anda memiliki Paypal adalah situs lokal, seperti Lazada, Blibli, Berrybenka, Hijabenka, Ratakan, Idaff dan lain-lain.

Metode bisnis afiliasi menurut saya hampir sama dengan cara menghasilkan uang dari internet dengan menjual sistem dropship online. Itu sama-sama memasarkan produk orang lain, tanpa menyetok produk terlebih dahulu.

Tetapi perbedaan antara afiliasi dan dropship adalah, jika afiliasi, maka apa yang kita pasarkan bukanlah menjual produk secara langsung, tetapi menjual produk melalui tautan atau kode afiliasi yang telah kita tentukan. Jika dropsip secara langsung mempromosikan produk, dan pembeli membeli produk kepada kita.

Jadi model afiliasi kurang lebih seperti ini:

  • Kita mendaftar dan berpartisipasi dalam program afiliasi dari situs afiliasi atau perusahaan atau dari individu yang menjual produk mereka dengan sistem afiliasi.
  • Setelah mendaftar kita akan mendapatkan tautan atau kode unik untuk dipasarkan bersama dengan produk yang terafiliasi
  • Jika calon pembeli tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, kita memberi tahu pembeli untuk membeli produk melalui tautan atau menggunakan kode afiliasi unik yang kita peroleh saat pendaftaran.
  • Untuk pembayaran, biasanya Anda akan mendapat komisi dari penjualan per-produk melalui tautan afiliasi Anda.


Bisnis adsense
Tidak seperti bisnis afiliasi yang mengharuskan pengguna membeli produk, maka bisnis adsense hanya mengharuskan pengguna mengklik iklan yang dipasang di blog atau saluran YouTube Anda. Jadi Anda mendapat komisi per klik, bukan per penjualan.

Syarat menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki blog atau saluran YouTube yang berkualitas. Jika blog  atau youtube Anda memenuhi persyaratan, maka pendaftaran Anda akan diterima oleh pihak Google Adsense. Sebaliknya, jika blog atau youtube Anda tidak memenuhi persyaratan, maka pendaftaran Anda akan ditolak.

Saya sendiri bermain bisnis adsense melalui blogger dan mengejar PO sehingga saya bisa membayar bulanan. Untuk menjadi Blogger, Anda harus membuat blog terlebih dahulu. Untuk membuat blog Anda bisa mulai dengan membuat blog gratis terlebih dahulu melalui blogger.com.

Selebihnya silakan pelajari tentang blog, dari cara membuat blog dan cara menghasilkan uang dari Google Adsense melalui blog yang Anda buat. Artikel tentang blog ini telah banyak tersebar di mesin pencari, penjelasannya bisa dengan mudah dimengerti.

Selain meakai blog, Anda juga bisa main adsense dengan YouTube maupun pengembang game atau aplikasi android. Tetapi bagi pencari uang dari internet untuk pemula, saya sarankan untuk mencoba blog atau youtube terlebih dahulu.

Google Adsense atau iklan Google akan membayar pemilik blog dengan komisi per klik, dan per tayangan. Jumlah pembayaran per klik juga bervariasi. Blog dengan konten yang menargetkan negara Indonesia biasanya hanya rata-rata Rp 300-1.500 per klik.

Sedangkan penghasilan menjadi konten pembuat video YouTube sangat besar. Pihak Youtube berani membayar mahal untuk hasil konten video yang Anda buat. Jika nilai kualitas dan bermanfaat.

Hampir sama dengan menjadi blogger, Youtuber juga perlu konsisten. Jika tidak, maka akan sulit untuk berkembang dan sulit untuk menghasilkan uang. Sebelum menampilkan iklan di YouTube, Anda perlu cara untuk membuat monetisasi YouTube lebih cepat.

Jika Anda ingin dengan cepat memenuhi persyaratan monetisasi, Anda harus kreatif dalam membuat konten video. Anda juga harus belajar tentang cara mengedit video YouTube untuk menghasilkan video berkualitas. Ini dimaksudkan agar syarat yang berlangganan 1000 orang dan 4000 jam siaran dapat dicapai dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Penghasilan dari Google Adsense dibayarkan setiap bulan jika saldo memenuhi batas pembayaran Google Adsense minimum $ 100. Dan untuk metode menerima pembayaran, Anda dapat menggunakan nomor rekening bank lokal  tanpa menggunakan paypal.

Perlu Anda ketahui, untuk dapat bayaran dari Google Adsense membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika Anda seorang gaptek dan tidak memiliki mentor langsung, Anda harus benar-benar memiliki niat dan memiliki motivasi yang tinggi untuk dapat mencapai gaji dari Google Adsense.

Meski begitu, semua orang memiliki nasib yang berbeda. Orang yang berbeda, punya nasib yang berbeda, proses yang berbeda untuk mendapatkan bayaran dari Google Adsense.

Bisnis pulsa online
Saat ini, menjalankan bisnis pulsa online bahkan lebih mudah. Tugas Anda hanyalah mendaftar sebagai agen pulsa di penyedia server pulsa di internet. Untuk metode pembayaran, biasanya ada banyak pilihan, seperti transfer bank atau internet banking, kartu kredit dan bahkan Paypal.

Silakan pilih metode pembayaran yang Anda mampu, misalnya transfer bank jika Anda tidak memiliki Paypal dan kartu kredit.

Bisnis dropship
Bisnis dropship adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan uang dari internet tanpa Paypal. Selain itu, Anda dapat menjalankan bisnis ini dengan modal minimal karena Anda tidak harus memiliki persediaan barang sendiri.

Pekerjaan Anda hanya menjual produk orang lain, dan untungnya diperoleh dari selisih antara harga jual ke konsumen dan harga beli ke pemasok. Untuk pengepakan dan pengiriman, pemasok Anda akan melakukannya atas nama toko Anda.

Bisnis endorse Instagram
Artis yang sering tampil di TV bisa mendapatkan penawaran iklan atau endorse. Anda juga bisa seperti itu tetapi untuk mendapatkan penawaran iklan, Sobat harus memiliki banyak pengikut Instagram yang bukan boot tetapi followernya harus manusia nyata.

Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkan banyak pengikut seperti membuat video Instagram dan fokus pada konten tertentu sehingga banyak pengikut Instagram yang tertarik pada tema tersebut.

Selain itu, masih banyak ide kreatif yang bisa dicoba untuk menarik pengikut. Untuk mendapatkan penawaran endorse, Anda harus memiliki ratusan ribu pengikut terlebih dahulu barulah Anda dibayar karena mengiklankan produk yang diendorse.

Ikutan kontes
Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan uang dari internet dengan memenangkan sebuah kompetisi. Ada banyak kompetisi setiap bulan jika Anda mencari menggunakan internet seperti kompetisi blog atau SEO.

Banyak hadiah yang akan menarik minat kita untuk mendapatkannya. Disamping itu, Sobat bisa menemukan informasi seputar berbagai kompetisi lainnya, kayak kompetisi foto, artikel ilmiah, kompetisi puisi dengan memanfaatkan koneksi internet.

Saya sarankan untuk ikut serta dalam kompetisi yang bebas biaya pendaftaran, sehingga jika Anda kalah, Anda hanya kehilangan waktu dan tenaga untuk membuat konten yang Anda sertakan dalam kompetisi.

Dari kekalahan ini, silakan belajar dari pengalaman dan terus antusias untuk mengambil bagian dalam kompetisi dan membuat konten terbaik dari pesaing untuk menang.  Cukup ikut kontes dari penyelenggara lokal. Untuk mempermudah proses pengiriman hadiah, dan jika Anda menang dalam bentuk uang, maka pembayaran menggunakan sistem pembayaran lokal.

Ikut quiz
Ikutan quiz juga merupakan cara untuk menghasilkan uang melalui internet jika Anda beruntung memenangkan kuis. Biasanya mereka yang memberikan banyak kuis berasal dari media sosial seperti Instagram dan Twitter.

Untuk mendapatkan info kuis, silakan ikuti akun penyedia info atau melalui penelusuran. Bisa juga mengikuti akun seperti akun social marketplace, artis, selebgram yang biasanya menyimpan hadiah dengan hadiah menarik.

Program referral 
Jangan ketinggalan teknologi, pelajari sampai Anda bisa. Mereka yang menginginkan uang tambahan dapat menggunakan refereral. Biasanya, rujukan dibuat untuk mengundang seseorang untuk mendaftar atau menginstal aplikasi melalui kode tautan Anda.

Anda hanya perlu mengundang seseorang untuk menginstal aplikasi dan memasukkan kode khusus yang Anda dapatkan dari apk. Jika ada yang berhasil mendaftar, Anda akan secara otomatis mendapatkan penghasilan dari hasil rujukan. Untuk proses penarikan bisa melalui transfer bank atau pulsa.


Demikianlah cara mendapatkan uang dari internet langsung ke rekening bank tanpa modal, baik lewat hp atau dari apk sehingga pemula tidak bingung karena tidak menggunakan Paypal.



Back To Top