How To

Cara Mengatasi WA Error




Apakah Anda pernah mengalami error yang terjadi pada WhatsApp? Sebagai contoh, ada pesan error seperti “Your phone date is inaccurate! Adjust your clock and try again.”. atau kalau pakai Bahasa Indonesia, “Tanggal ponsel Anda tidak akurat! Sesuaikan jam Anda dan coba lagi."

Cara Mengatasi WA Error


Karena ada pesan kesalahan itu, mungkin Anda tidak dapat menggunakan WhatsApps Anda sama sekali. Beberapa teman dan rekan kerja Anda mungkin bertanya-tanya karena keika mereka sulit menghubungi Anda.

Saya sendiri biasanya menggunakan WhatsApp untuk kontak dengan teman dan kolega. Mungkin Anda tidak tahu mengapa error itu terjadi, padahal Anda merasa tidak melakukan kesalahan dengan penggunaan WhatsApp. Jadi bagaimana cara mengatasi wa error itu bisa kembali normal?

WhatsApp memiliki fitur luar biasa yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan secara instan, baik itu pesan gambar maupun video, serta untuk melakukan obrolan grup dan panggilan suara. Orang dapat menggunakan WA untuk tetap berhubungan dengan orang lain secara internasional.

Menurut Wikipedia, WhatsApp Messenger adalah klien perpesanan instan terenkripsi, lintas platform, terenkripsi untuk smartphone. Aplikasi ini menggunakan internet untuk melakukan panggilan suara, panggilan video, mengirim pesan teks, dokumen, file PDF, gambar, GIF, video, lokasi pengguna, file audio, kontak telepon dan catatan suara ke pengguna lain menggunakan nomor ponsel seluler standar.

Jutaan orang menggunakan WhatsApp Messenger untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat, dan kolega mereka. WhatsApp dapat kompatibel dengan ponsel cerdas dan tablet berbasis sistem android seperti Samsung, LG, HTC, Motorola dan iOS seperti iPhone dan iPad.

Karena sangat multifungsi dan ada pengalaman baru dalam obrolan dan pesan, aplikasi WA ini sangat populer dengan semakin banyak orang yang menggunakannya. Tanpa WhatsApp, kehidupan tampaknya sangat buruk bagi orang-orang yang hidup di jaringan dan alat sosial seperti WhatsApp.

Jika ada masalah dengan WhatsApp Messenger mereka dan mereka tidak dapat melakukan kontak dengan teman dan kolega, mereka akan menjadi cemas. Jadi jika WhatsApp Messenger diblokir karena error di atas, maka akan membuat banyak orang kesal. Tetapi banyak orang tidak tahu bagaimana mengatasi kesalahan seperti itu dan bagaimana mencegahnya terjadi lagi.

Biasanya error WhatsApp di atas, muncul di versi WhatsApp yang lebih lama di perangkat android. Namun, Anda tidak perlu cemas, karena tim Cara Atoz akan memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki kesalahan ini dengan segera.

Cara Mengatasi Whatsapp Error : Your phone date is inaccurate!


Solusi 1: Sesuaikan pengaturan data dan waktu pada perangkat Anda
Ketika error ini muncul, seharusnya ada yang salah dengan pengaturan tanggal dan waktu perangkat Anda. Dalam hal ini, Anda harus terlebih dahulu memeriksa pengaturan data dan waktu dan melihat apakah data dan waktu dapat diperpanjang secara otomatis. Caranya :
1. Buka Pengaturan > Tanggal & waktu
2. Jika Anda menemukan "Tanggal & waktu otomatis" dan "Zona waktu otomatis", dalam keadaan tidak aktif, maka segera aktifkan.

Jika perangkat Anda sudah otomatis, tetapi Google Play Store Anda masih tidak berfungsi, maka Anda harus secara manual mengatur tanggal dan waktu. Matikan tanggal dan waktu otomatis. Kemudian mulailah dengan memasukkan tanggal dan waktu seakurat mungkin.

Solusi 2: Perbarui WhatsApp
Jika menyesuaikan data dan waktu pada perangkat Anda, masih tidak dapat menyelesaikan error ini, Anda dapat mencoba cara berikut untuk memperbarui WhatsApp Anda ke versi terbaru. Harap dicatat bahwa jika tidak ada ruang yang cukup untuk menginstal WhatsApp versi terbaru, Anda harus terlebih dahulu memeriksa memori internal dan penyimpanan ruang perangkat Anda terlebih dahulu.

Jika penyimpanan tidak mencukupi, harap hapus beberapa data dan aplikasi yang tidak berguna untuk membebaskan ruang sehingga Anda dapat mengunduh dan menginstal versi terbaru WhatsApp dengan sukses.

Jika tidak ada masalah dengan ruang penyimpanan perangkat Anda, Anda dapat melanjutkannya dengan mengikuti instruksi ini :
1. Buka Google Play Store di perangkat android Anda atau iTunes di iPhone/iPad
2. Tulis "WhatsApp" di bilah pencarian untuk mencari
3. Buka halaman WhatsApp dari hasil pencarian, maka Anda akan melihat dua tombol pilihan Perbarui dan Hapus
4. Ketuk tombol Perbarui, maka itu akan secara otomatis mengunduh dan menginstal versi terbaru WhatsApp Messenger
5. Setelah selesai memperbarui, buka WhatsApp untuk melihat apakah ada kesalahan error itu lagi. Jika masih nampak, silakan ikuti solusi ke 3.



Solusi 3: Hapus instalasi WhatsApp dan instal kembali
Jika Anda telah mencoba memperbarui WhatsApp, tetapi masih ada error tersebut, Anda dapat mencoba menghapus instalasi WhatsApp dari perangkat Anda dan menginstal versi terbarunya. Menghapus instalan WhatsApp akan menghilangkan semua data dan pesan, tetapi semua data dan pesan Anda seperti obrolan kontak, pesan status, gambar, dan video akan kembali dan dipulihkan secara otomatis saat Anda memasang kembali versi baru WhatsApp.

Untuk perangkat android, begini caranya :
1. Buka Pengaturan> Aplikasi atau aplikasi atau Manajer Aplikasi> WhatsApp> Hapus Instalasi> Boot ulang ponsel Anda. Atau Buka Google Play Store > cari "WhatsApp"> ketuk pada tombol Uninstall.

2. Selanjutnya instal versi terbaru WhatsApp dari Google Store. Buka ikon "Play Store". Ketuk untuk membuka Google Play Store. Jika ini adalah pertama kalinya Anda membuka Play Store, Anda harus masuk menggunakan Parameter Akun Google Anda.

3. Setelah Anda berada di Play Store, cari Whatsapp. Sebagian besar, ini akan menjadi entri pertama pada halaman hasil. Instal saja.

Untuk iPhone dan iPad, begini caranya :
1. Sentuh dan tahan ikon WhatsApp pada Layar Beranda hingga ikon mulai bergoyang.
2. Ketuk X abu-abu di sudut ikon WhatsApp.
3. Ketuk Hapus untuk menghapus aplikasi dan semua datanya.
4. Tekan tombol Home.
5. Unduh ulang WhatsApp dari App Store.

Semoga informasi cara mengatasi Whatsapp error pada android di atas, bisa menjadi solusi buat Anda. Nantikan juga beberapa solusi lainnya seperti bagaimana :
- cara mengatasi wa error tidak bisa mengirim pesan
- cara mengatasi wa error karena/saat menghapus pesan
- cara mengatasi wa error tidak bisa menerima pesan
- cara mengatasi wa error tidak bisa melihat status
- cara mengatasi story wa error

Sumber :
https://guides.yoosecurity.com/how-to-fix-whatsapp-error-your-phone-date-is-inaccurate/



Back To Top