How To

Cara Agar Dapat Melunasi Hutang dengan Cepat




Karena gregetnya ingin segera selesai dari beban hidup, maka tak salahlah kiranya jika ada yang punya hutang, nyari berbagai cara agar dapat melunasi hutang dengan cepat secepat kilat, walaupun jumlahnya puluhan atau mungkin ratusan juta.

Bersumber dari situs Amalan dan Mata Hidup, Saya mencatat kembali beberapa point penting tentang bagaiman menyelesaikan hutang secepatnya. Tanpa basa-basi lagi, ini dia point yang harus Anda perhatikan kalau hutang Anda pingin segera lunas.

Mencatat semua hutang yang Anda miliki
Langkah pertama adalah ambil daftar tagihan hutang yang Anda miliki dan catat semua nominalnya. Jangan lupa untuk mencatat setiap bunga yang dikenakan pada tunggakan tersebut. Berikan prioritas pada hutang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Jika Anda sudah mengetahui rincian utang yang tertunggak, Anda dapat mulai mengatur berapa banyak uang yang perlu dialokasikan untuk melunasi utang. Hal ini berguna agar Anda tahu persis dana yang perlu disisihkan. Beberapa pengeluaran, lebih baik tidak dipangkas, meskipun masih berhutang.

Jangan tunda membayar hutang
Ketika Anda memiliki hutang, jangan pernah menunda untuk membayarnya jika Anda sudah memiliki dana yang Anda alokasikan untuk melunasi hutang. Sebab jika Anda menunda membayar hutang, kemungkinan besar uang itu malah digunakan untuk keperluan lain. Jadi Anda menjadi bingung ketika Anda harus membayar hutang Anda.

Karena itu, Anda sebaiknya tidak mempertahankan kebiasaan menunda pembayaran utang. Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan dengan gaji bulanan, Anda dapat segera menyisihkan penghasilan Anda untuk melunasi hutang. Selebihnya bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Jangan berutang untuk melunasi utang lainnya
Memiliki banyak hutang memang bisa membuat Anda pusing. Apalagi jika waktu untuk membayar sudah mendekati jatuh tempo. Mau bayar belum ada uang, tidak dibayar takut didenda. Pada akhirnya Anda berutang kepada orang lain untuk melunasi hutang.

Jika ini dibiarkan berlanjut, sampai kapan pun hutang Anda tidak akan pernah lunas. Karena itu jalan keluar ketika Anda berhutang adalah Anda tidak boleh berutang hanya untuk melunasi hutang lain.

Kelola gaji bulanan Anda dengan benar
Setelah mengetahui jumlah utang, suku bunga, dan total uang yang dialokasikan untuk membayar utang, Anda dapat memulai langkah berikutnya. Anda harus mulai membagi gaji per bulan untuk  pembayaran utang dan pengeluaran yang tentu saja harus ditekan.

Mencari penghasilan tambahan
Coba periksa kembali barang-barang di rumah yang mungkin tidak digunakan, tetapi masih bagus untuk dijual kembali. Sekarang ada banyak situs yang dapat Anda gunakan untuk menjual barang bekas untuk menambah dana guna melunasi hutang yang tersisa. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencari pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Mulai gaya hidup hemat
Cara selanjutnya untuk melunasi hutang dengan cepat adalah memulai gaya hidup yang hemat. Setelah puas dengan mengelola pendapatan, saat yang paling penting adalah mengelola pengeluaran. Jika Anda dapat memotong pengeluaran dan bersedia mengurangi gaya hidup Anda, percayalah bahwa dampak penghematan akan lebih cepat.

Ada lebih banyak uang yang tersisa dan dapat dialokasikan untuk melunasi hutang. Sebenarnya, ada banyak cara Anda bisa memulai gaya hidup baru yang lebih efisien, Anda hanya perlu kreatif dan peka terhadap peluang yang dapat Anda ambil untuk memangkas biaya lebih banyak.

Belanja barang-barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama
Hidup hemat tidak berarti Anda harus pelit, Anda hanya perlu lebih kreatif dalam memanfaatkan promosi dan penawaran menarik di sekitar Anda. Ketika memutuskan untuk membeli suatu produk, misalnya, cobalah mencari alternatif sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk produk tersebut. Jika tidak memungkinkan, Anda juga dapat mencari produk lain yang kualitasnya kurang lebih sama, tetapi dengan harga lebih murah.

Berbelanja di tempat yang lebih murah
Meskipun kami menyarankan Anda untuk berbelanja di pasar agar harga lebih murah, kami memahami bahwa kadang-kadang ada beberapa barang yang kadang lebih murah saat dibeli di supermarket.

Ini biasanya karena ada private label yang membuat belanja lebih ekonomis. Berbelanja di supermarket sebenarnya dapat dilakukan bahkan lebih efisien selama Anda tahu trik yang harus dilakukan, seperti: menggunakan voucher atau diskon.

Hemat saat bekerja
Bukan hanya saat di rumah, nyatanya penghematan juga bisa dilakukan di tempat kerja. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan misalnya menggunakan transportasi umum atau membawa makan siang dari rumah. Meskipun tampaknya hanya sedikit mengemat, tetapi jika dikumpulkan pada akhir bulan, total tabungan Anda bisa sangat banyak.

Gunakan dana darurat
Salah satu cara cepat untuk melunasi hutang yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan dana darurat. Jika Anda mengelola tabungan dengan cukup teratur, tentu saja Anda harus menyisihkan dana darurat setiap bulan.

Anda harus menyisihkan minimal 10% dari gaji yang didapat setiap bulan. Di sisi lain, jika risiko bekerja semakin besar seperti bekerja sebagai freelancer, profesional, penyanyi, maka Anda harus memperbesar dana cadangan untuk pengeluaran 6-9 bulan ke depan' Jika Anda seorang wirausaha setidaknya siapkan dana 9-12 bulan ke depan dari pengeluaran.

Dana darurat dapat dikumpulkan melalui tabungan yang secara otomatis melakukan debit otomatis setiap bulan dari akun rekening Anda. Cara lain untuk mengumpulkan dana darurat sebagai cara untuk melunasi hutang dengan cepat adalah dengan mengumpulkan orang-orang yang masih berutang kepada Anda. Biasanya jumlah piutang yang Anda miliki benar-benar dapat membantu Anda mengumpulkan dana untuk membayar hutang.

Cara Agar Dapat Melunasi Hutang dengan Cepat


Minta bantuan dari pihak yang lebih berpengalaman
Orang sering berasumsi bahwa cara tercepat untuk melunasi hutang yang paling tepat adalah dengan menggunakan dana talangan atau menggunakan uang dari bantuan keluarga. Cukup dengan menggunakan dana ini, Anda dapat segera melunasi hutang tanpa khawatir akan terdaftar dalam daftar hitam BI.

Sayangnya, kedua metode ini tidak tepat. Jika Anda menggunakan bailout misalnya, Anda harus terus menerus harus membayar utang kepada pihak bailout tanpa tahu kapan Anda bisa melunasi hutang. Belum lagi risiko kartu kredit yang harus dimiliki sebagai salah satu persyaratan.

Mengandalkan uang dari bantuan keluarga juga tidak tepat mengingat beban moral yang ditanggung, terutama jika harus menyusahkan orang tua untuk mengatasi masalah utang. Oleh karena itu, cara cepat untuk melunasi hutang yang paling tepat adalah dengan meminta bantuan dari mereka yang berpengalaman.

Salah satu hal yang dapat Anda gunakan adalah program pengelolaan utang. Program manajemen seperti ini dapat diperoleh dengan menggunakan perusahaan program manajemen utang tepercaya
sehingga Anda berhasil mendapatkan keringanan, yang tentunya dapat menghemat lebih banyak waktu dan menghemat lebih banyak uang.

Perbanyak doa agar bisa melunasi hutang dengan cepat
Cara untuk terbebas dari hutang yang tidak boleh Anda lupakan adalah dengan memohon dan berdoa kepada Allah SWT agar Anda diberi kemudahan untuk melunasi hutang. Berusaha adalah wajib tetapi harus juga seimbang dengan berdoa agar masalah hidup Anda dapat dengan cepat diselesaikan.

Salah satu doa yang bisa Anda baca adalah :


اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

ALLOOHUMMA ROBBAS-SAMAAWAATIS SAB’I WA ROBBAL ‘ARSYIL ‘AZHIIM, ROBBANAA WA ROBBA KULLI SYAI-IN, FAALIQOL HABBI WAN-NAWAA WA MUNZILAT-TAWROOTI WAL INJIIL WAL FURQOON.
A’UUDZU BIKA MIN SYARRI KULLI SYAI-IN ANTA AAKHIDZUM BINAA-SHIYATIH.
ALLOOHUMMA ANTAL AWWALU FALAYSA QOBLAKA SYAI-UN, WA ANTAL AAKHIRU FALAYSA BA’DAKA SYAI-UN, WA ANTAZH ZHOOHIRU FA LAYSA FAWQOKA SYAI-UN, WA ANTAL BAATHINU FALAYSA DUUNAKA SYAI-UN, IQDHI ‘ANNAD-DAINAA WA AGHNINAA MINAL FAQRI.

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).
Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.
Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu.
Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.”  

Doa di atas sebaiknya dibaca sebelum tidur.

Demikianlah beberapa cara cepat melunasi atau membayar hutang yang menumpuk termasuk salah satunya dengan membaca doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga.



Back To Top