How To

Cara Buat Busur Panahan Paralon dan Kayu




Panah pada awalnya digunakan sebagai senjata untuk bertarung atau berburu di zaman kuno, tetapi sekarang memanah menjadi sebuah hobi atau olahraga, dan telah secara resmi menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan di berbagai acara olahraga nasional dan internasional.

Ada berbagai jenis panah, biasanya mewakili daerah di mana busur berasal. Sejauh ini ada 2 jenis panah yang sudah dikenal yakni jenis horsebow dan longbow berasal dari Inggris, bentuknya panjang melengkung tanpa banyak lekuk. Untuk horsebow sendiri ukurannya tidak sepanjang longbow, mungkin karena aslinya dari Asia yang umumnya punya ukuran tubuh yang pendek jadi panahnya juga lebih pendek.

Cara buat busur panahan paralon

Di sini saya ingin berbagi cara membuat busur yang terbuat dari paralon, walaupun dari beberapa info yang saya dapatkan bahan bahan paralon tidak terlalu bagus untuk dijadikan busur, dan juga jangkauannya tidak terlalu jauh.

Tetapi dengan peralatan minimal, maka bahan paralon mudah dibuat busur, mengingat membuat busur dengan bahan kayu atau serat, membutuhkan peralatan lengkap dan tidak sedikit biaya. Untuk mengatasi kekuatan rentang yang tidak terlalu jauh, karena kekuatan regangan yang agak lemah, maka perlu sedikit modifikasi pada busur yang akan kita buat.

Bahan:
- Pipa paralon 3/4 inc panjang 130 cm
- Pipa paralon 3/4 inc panjang 90 cm
- Benang nilon
- Lakban

Peralatan:
- Gergaji besi
- Hot gun / kompor
- Panah Mal / Cetakan

Cara membuatnya, pertama panaskan paralon dengan menggunakan hot gun, atau jika tidak ada, maka dapat dipanaskan di atas kompor. Panaskan perlahan-lahan dan pansi jangan terlalu lunak. Jika sudah agak lunak, bentuklah dalam mal atau cetakan yang telah disiapkan atau dapat kita
bentuk dengan tangan kita sendiri atau tekan dengan papan kayu atau balok, atau dengan barang-barang di sekitar kita.

Di bawah ini adalah contoh cetakan dari kayu untuk membentuk busur yang kita inginkan, membuat cetakan seperti ini cukup membantu dan praktis, sehingga membuat panah bisa lebih cepat.



Agar paralon tidak terlalu pipih saat ditekuk atau saat dibentuk, Anda bisa memasukkan pasir halus ke paralon agar paralon tidak terlalu rata saat dijepit dan ada sedikit rongga sehingga kita bisa memasukkan bambu sehingga panah kekuatannya bisa lebih kuat, karena jika hanya mengandalkan kekuatan paralon, kekuatannya tidak cukup kuat untuk ukuran panah standar.

Selanjutnya kita hanya membuat tali busur dengan benang nilon. Siapkan 2 lembar benang nilon masing-masing dengan panjang 190 cm, satukan salah satu ujungnya, putar benang ke arah yang sama lalu dekatkan, maka benang akan memutar dan bersatu sendiri, lalu kita dapat memasangkannya di busur yang telah dibuat, atau jika Anda malas membuatnya, Anda dapat membeli tali kur di toko kain.

Cara Buat Busur Panahan Paralon dan Kayu


Adapun untuk jenis horsebow, caranya hampir sama, hanya menyesuaikan ukuran pengguna yang biasanya ukuran busurnya lebih pendek. Demikianlah cara membuat busur panah pvc, semoga bermanfaat.

Sumber :
https://yopibloger.blogspot.com/2016/11/cara-membuat-busur-panah-dari-paralon.html



Back To Top