How To

Cara Membuat Gado Gado Sederhana




Gado Gado adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Saus kacang adalah ciri khas dari gado-gado. Ada berbagai versi gado-gado. Gado gado terdiri dari sayuran yang direbus dan dicampur bersama dengan bumbu kacang tumbuk yang dilengkapi dengan irisan telur rebus, mentimun, tahu, dan bawang goreng sehingga bisa menambah kenikmatan.

Biasanya sayuran yang digunakan adalah tauge, kol, kentang, bayam, dan sebagainya. Gado gado biasanya disajikan dengan irisan lontong. Rasa gurih dari saus kacang ini cukup populer, sehingga sangat disukai oleh setiap lapisan masyarakat.

Wajar jika gado-gado ini menyebar ke banyak daerah di Indonesia. Bahkan karena popularitasnya, banyak orang asing mengenalnya sebagai salah satu 'carte du jour' atau daftar kuliner yang harus dicoba ketika mengunjungi Indonesia.

Saat ini gado gado memang makanan yang mudah ditemukan, karena penjualnya tersebar di banyak tempat. Namun, alih-alih membelinya, tidak ada salahnya untuk sesekali membuatnya sendiri. Selain lebih ekonomis, dengan membuat gado gado sendiri, kita dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera kita sendiri.


Cara Membuat Gado Gado Sederhana

Karena sederhana, maka cara membuatnya cukup mudah. Kita juga bisa mengganti bahan-bahan sesuai dengan selera masing-masing.

Bahan utama:
- 50 gram kecambah, buang akarnya, rebus dengan air mendidih, tiriskan segera
- 150 gram kangkung, potong-potong, rebus, tiriskan segera
- 150 gram bayam, ambil daunnya, rebus, tiriskan segera
- 200 gram pare, buang bijinya, lalu rebus
- 1 tahu kemudian digoreng
- 1 potong tempe kemudian digoreng
- 1-2 sendok makan bawang goreng
- 3 butir telur rebus, kupas kulitnya
- kerupuk goreng

Bahan saus sambal:
- 200 gram kacang tanah, yang digoreng
- 2 cabai merah
- 5 buah cabe rawit
- 1 sendok teh garam
- ½ sendok teh pasta udang
- 1 sendok makan gula merah
- 200 cc air matang

Cara membuat gado gado sederhana:
Pertama, kupas kulit kacang lalu panggang. Setelah dimasak, haluskan. Kemudian rebus kacang dengan santan, cabai merah dan cabai goreng, terasi, gula merah dan garam. Campur semua bahan untuk sausnya, lalu masak sampai mendidih, lalu angkat dan sisihkan.

Rebus bahan nabati, seperti bayam, kangkung, pare, dan telur. Lalu tahu dan tempe digoreng. Sajikan dengan rapi di atas piring, sayuran dan tambahkan telur yang diiris. Kemudian taburi bawang goreng dan kerupuk di atasnya. Siram dengan saus saus kacang. Gago-gado siap dimakan.


Cara Membuat Gado Gado Sederhana


Resep lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda adalah :

Bahan utama :
- Kentang 5 butir, direbus dan dipotong dadu.
- Tempe 1 buah ukuran 10cm x 10cm, dan digoreng.
- Mentimun 2 buah
- Touge 100 gram, direndam dalam air panas sebentar
- Kol 100 gram, dikukus
- Bayam 1 ikat, dikukus hingga matang
- Tambahkan sayuran lain secukupnya

Bahan bumbu saus sambal
- Kacang tanah 200 gram
- Cabai merah 5 buah
- Cabei rawit 2 buah
- Kencur 1 cm
- Bawang putih 3 siung ukuran besar
- Jeruk nipis 1 buah
- Gula merah satu kerat
- Garam
- Minyak goreng untuk menumis.
- Kecap manis

Bahan pelengkap  
- Kerupuk
- Bawang Goreng

Cara bikinnya, gorenglah kacang dengan api kecil sampai matang dan tidak gosong. Tumis cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih. Uleg cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kencur, gula merah, dan garam secukupnyasampai halus.

Tambahkan kacang goreng dan kembali haluskan lagi. Jika ingin cepat, kita bisa menggunakan blender, namun hasilnya lebih sempurna dengan diuleg. Selanjutnya tambahkan air matang yang cukup dan aduk rata dan tambahkan jus jeruk nipis.

Ambil piring dan tempatkan sayuran sesuai selera, lalu tambahkan sambal gado gado secukupnya, sedikit kecap manis, dan taburi dengan bawang goreng. Tambahkan kerupuk juga. Siap disajikan.

Demikianlah cara buat gado-gado ulek sederhana tanpa santan dan pakai santan secara praktis. Semoga enak.

Sumber :
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3693869/4-cara-membuat-gado-gado-dari-yang-sederhana-gado-gado-betawi-gado-gado-padang-hingga-surabaya



Back To Top